Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Long Weekend Awal Mei 2016, BRI Siapkan Uang Tunai Rp5 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyiapkan uang tunai senilai Rp5 triliun dalam rangka mengantisipasi meningkatkan permintaan uang tunai di libur panjang pekan ini.
Uang tunai. /Bisnis.com
Uang tunai. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA–PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. menyiapkan uang tunai senilai Rp5 triliun dalam rangka mengantisipasi meningkatkan permintaan uang tunai di libur panjang pekan ini.

Corporate Secretary BRI Hari Siaga Amijarso mengungkapkan alokasi dana lebih banyak difokuskan untuk mengisi ATM yang memiliki porsi 78% sedangkan 22% lainnya untuk kebutuhan dana di Unit Kerja Operasional (UKO).

“Uang tunai tersebut didistribusikan ke 462 outlet dan lebih dari 21.000 ATM BRI di seluruh Indonesia, selama periode 5 Mei sampai dengan 8 Mei 2016," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (4/5/2016).

Dari total uang tunai yang disiapkan untuk antisipasi kebutuhan masyarakat pada libur long weekend, uang tunai yang disiapkan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sebanyak Rp1 triliun, di mana 79,76%-nya digunakan untuk mengisi ATM.

Selain itu, BRI juga memastikan sebanyak 230 UKO di seluruh Indonesia akan tetap melayani masyarakat untuk keperluan penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non-BBM dari SPBU atau Pertamina pada tanggal 6 Mei 2016, atau saat libur cuti bersama.

Sedangkan 140 UKO akan beroperasi pada hari Sabtu dan Minggunya atau tanggal 7 dan 8 Mei 2016.

“Ke-140 UKO yang tetap beroperasi di akhir pekan tersebut dapat melayani transaksi Setoran/ Penarikan Tunai Rekening BRI, Pembukaan Rekening, dan Pemindah bukuan antar BRI, serta layanan operasional terbatas lainnya,” kata Hari

Terkait dengan aksi kriminalitas yang mungkin terjadi selama libur panjang, BRI menghimbau kepada nasabahnya agar senantiasa berhati-hati dalam mengambil, membawa serta membelanjakan uangnya.

“Tak perlu membawa uang tunai banyak-banyak. Ambil dan belanjakan uang tunai secukupnya saja. Apabila memiliki keperluan terkait transaksi perbankan, gunakan fasilitas e-banking Bank BRI, baik itu dalam bentuk Mobile banking BRI, internet banking BRI maupun fasilitas e-banking BRI lainnya,” tuturnya.

Berikutnya, pihaknya juga meminta nasabah agar selalu menjaga kerahasiaan PIN serta selalu merubah PIN secara berkala.

Permintaan cash money atau uang tunai di akhir pekan awal bulan ini diperkirakan meningkat, terutama di kota-kota besar dan daerah tujuan wisata.

Pasalnya, terdapat 2 hari libur yang saling berdekatan dengan hari Sabtu dan Minggu, yakni hari libur dalam rangka peringatan kenaikan Isa Almasih dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tanggal 5 Mei, kemudian cuti bersama tanggal 6 Mei 2016.

Ditambah dengan libur weekend yang jatuh di tanggal 7 dan 8 Mei 2016, libur awal Mei tahun ini menjadi salah satu weekend terpanjang di tahun 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper