Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

FWD Life Perluas Jalur Distribusi

Perusahan asuransi jiwa PT FWD Life memperluas jalur distribusi untuk penjualan produk asuransi dalam rangka mencapai pertumbuhan premi hingga tiga kali lipat sepanjang 2016.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 09 Mei 2016  |  17:40 WIB
Ilustrasi FWD Life - fwd.co.id
Ilustrasi FWD Life - fwd.co.id

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahan asuransi jiwa PT FWD Life memperluas jalur distribusi untuk penjualan produk asuransi dalam rangka mencapai pertumbuhan premi hingga tiga kali lipat sepanjang 2016.
 
Presiden Direktur FWD Life Rudi Kamdani menyatakan total pendapatan premi yang dibukukan perusahaan pada tahun lalu ialah Rp58,2 miliar, sedangkan pendapatan premi pada tahun ini dipatok bisa bertumbuh hingga tiga kali lipat.
 
Guna mencapai target pertumbuhan tersebut, dia mengungkapkan FWD Life berkomitmen melakukan perluasan terhadap jalur distribusi yang sebelumnya hanya mengandalkan jalur keagenan yang memberikan kontribusi sebesar 60% dari total penjualan FWD Life pada 2015.
 
“Untuk memacu penjualan dan pertumbuhan premi, mulai tahun ini semua saluran distribusi diaktivasi. Diharapkan dengan upaya tersebut target pertumbuhan premi yang dipatok bisa tercapai,” kata Rudi disela-sela peluncuran layanan 24/7 digital service, Senin (9/5).
 
Dia menuturkan, upaya perluasan jalur distribusi yang dilakukan perusahaan antara lain adalah meningkatkan kemitraan dengan bank untuk penjualan produk asuransi (bancassurance), dan meningkatkan kemitraan dengan perusahaan pembiayaan (multifinance).
Kemudian, merambah saluran e-commerce, serta meningkatkan kerjasama dengan berbagai perusahaan untuk saluran distribusi corporate care.
 
Rudi mengungkapkan sebenarnya penjualan produk melalui berbagai saluran distribusi tersebut sudah dilakoni sejak tahun lalu. Namun, kontribusinya belum optimal lantaran baru diimplementasikan pada pertengahan tahun hingga menjelang akhir tahun.
 
Terkait saluran distribusi melalui bancassurance, dia menyatakan pihaknya telah melakukan penjajakan kemitraan dengan lima bank yang terdiri dari dua bank asing dan tiga bank lokal.

Menurutnya, penjajakan tersebut telah memasuki tahap final, dan saat ini perseroan tengah menunggu terbitnya perizinan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
“Kalau tidak ada hambatan, kami targetkan kemitraan dengan perbankan bisa diresmikan secara bertahap mulai dari kuartal tiga sampai dengan kuartal empat tahun ini,” ujarnya.
 
Vice President FWD Life Jens Reich menyatakan dengan segera diresmikannya kemitraan dengan beberapa bank pada tahun ini. Diharapkan kontribusi penjualan melalui bancassurance bisa meningkat.

Dia menyebutkan pada tahun lalu kontrbusi bancassurance hanya sebesar 10%.

Dengan ditingkatkannya kemitraan dengan bank, diharapkan kontribusi penjualan dari bancassurance bisa bertumbuh 25% hingga tiga tahun kedepan.
 
Kendati perseroan berupaya melakukan perluasan saluran distribusi, Jens menegaskan pihaknya berkomitmen untuk tetap memacu penjualan melalui jalur keagenan. Sampai dengan akhir 2015 tercatat FWD Life telah memiliki 2.500 agen asuransi.
 
“Agen memiliki peran yang sangat penting, apalagi kontribusi mereka terhadap total penjualan merupakan yang paling besar. Oleh sebab itu, pada tahun ini kami akan meningkatkan jumlah agen hingga dua kali lipat atau menjadi 5.000 agen asuransi ,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri asuransi FWD Life
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top