Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengorbit 8 Juni, BRIsat Baru Efektif Beroperasi Pertengahan Agustus

Bisnis.com, JAKARTA--Meskipun direncanakan meluncur pada 8 Juni 2016, namun satelit komunikasi milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRIsat) baru bisa efektif digunakan di pertengahan Agustus 2016.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 25 Mei 2016  |  22:15 WIB
Ilustrasi: Satelit Lapan A2 - lapan.go.id
Ilustrasi: Satelit Lapan A2 - lapan.go.id

 Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun direncanakan meluncur pada 8 Juni 2016, namun satelit komunikasi milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. BRIsat baru bisa efektif digunakan di pertengahan Agustus 2016.

SEVP IT Strategy & Satelite BRI Hexana Tri Sasongko mengatakan jeda waktu sekitar 2 bulan tersebut disebabkan adanya beberapa tahapan yang harus dilewati BRIsat. Pertamaadalah sinkronisasi dengan stasiun di bumi.Kedua yakni orbital test.

"Jadi begitu sampai di orbit tidak langsung bisa digunakan. Sinkronisasi butuh waktu sekitar 10 hari dan orbital test masih butuh waktu 6 minggu,"ujarnya di Jakarta, Rabu (25/5/2016).

Hexa optimistis peluncuran yang dilakukan di Kourou, Guyana Perancis bisa dilaksanakan tepat waktu. Saat ini proses manufaktur sudah rampung dan masuk dalam periodelaunch campaign yang berarti persiapan jelang peluncuran.

Begitu pula dengan infrastruktur di bumi yang nantinya berperan penting dalam pengoperasian satelit. BRI sudah membangun stasiun kontrol di Ragunan, Jakarta Selatan dan Tabanan, Bali.

Satelit komunikasi yang bakal mengorbit di slot 150.5 Bujur Timur ini akan mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia dan Asia Tenggara, sebagian Samudera Pasifif termasuk Australia Barat dan Hawaii.

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank rakyat indonesia
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top