Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LUNCURKAN SIMDA: Bank Riau Kepri dan Pemkab Karimun Awasi Uang Daerah

PT Bank Riau Kepri bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Karimun Kepulauan Riau dalam peluncuran aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda)
./.
./.

Bisnis.com, PEKANBARU – PT Bank Riau Kepri bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Karimun Kepulauan Riau dalam peluncuran aplikasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda).

Direktur Utama Bank Riau Kepri Irvandi Gustari dalam keterangan persnya mengatakan aplikasi Simda ini diharapkan dapat memudahkan komunikasi antara Dinas Pendapatan, dengan seluruh satuan kerja di pemda.

“Jadi aplikasi ini memudahkan pengelolaan uang daerah khususnya terkait pengeluaran, koordinasi antara Dispenda, pengelola keuangan dan aset daerah, sampai ke satker menjadi semakin mudah,” katanya Minggu (14/8/2016).

Kerja sama ini juga dalam rangka mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan negara yang baik (good corporate governance).

Bupati Karimun Ainur Rafiq mengatakan daerahnya sebagai pionir di Kepulauan Riau dalam menerapkan aplikasi Simda, sehingga pengelolaan keuangan daerah menjadi semakin akuntabel dan transparan.

“Ini yang pertama di Kepri dan Riau. Tujuannya agar pengeluaran keuangan pemda bisa dikontrol dengan cepat. Nanti SKPD-SKPD yang akan melakukan pencairan dengan aplikasi ini semakin cepat,” katanya.

Dengan aplikasi Simda, satuan kerja dimudahkan dalam mengetahui kondisi saldo kas daerah, tinggal membuka aplikasi maka akan kelihatan tanpa perlu datang ke Bank Riau Kepri dan dapat dilihat secara online dan realtime.

“Namun aplikasi tersebut tidak bisa sembarangan diakses oleh publik, tetapi tetap transparan dan tidak ditutupi apabila masyarakat mau mengetahui realisasi penyerapan anggaran yang telah terealisasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper