Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edukasi dan Sosialisasi, BI Gelar Festival Syariah di Medan

Bank Indonesia menggelar festival ekonomi syariah 2017 di Medan. Gelaran ini disebut menjadi sarana untuk kegiatan mempromosikan produk perbankan syariah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Bank Indonesia menggelar festival ekonomi syariah 2017 di Medan. Gelaran ini disebut menjadi sarana untuk kegiatan mempromosikan produk perbankan syariah. 

Dalam keterangan resmi Bank Indonesia pada Sabtu (7/10), Gelaran festival syariah di Medan ini menjadi salah satu rangkaian acara menuju Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2017 di Surabaya. 

Pembukaan Festival Syariah di Medan ini pun dilakukan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng. Dalam festival kali ini, tema yang diangkat adalah membangun ekonomi syariah berlandaskan konektivitas regional. 

Adapun, untuk memperkuat ekonomi dan keuangan syariah, Bank Indonesia telah merumuskan tiga pular yang menjadi strategi utamanya. 

Tiga pilar itu antara lain, pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah, dan penguatan riset, asesmen, dan edukasi, termasuk sosialisasi dan komunikasi. 

Ketiga pilar itu secara terintegrasi akan didukung oleh kebijakan ekonomi dan keuangan syariah internasional maupu daerah. 

Selain itu ketersediaan dan kesiapan sumber daya manusia juga akan menjadi pendukungnya. Pengembangan data dan informasi termasuk pengembangan Tekfin syariah demi memastikan implementasi yang berkelanjutan.

Ekonomi dan keuangan syariah disebut mempunyai konsep yang inklusif dan berdimensi universal, dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dari daerah maupun nasional.

Festival syariah yang diselanggarakan kali ini diisi dengan berbagai program edukasi dan sosilalisasi. 

Hal ini merupakan wujud nyata Bank Indonesia beserta stakeholders terkait dalam mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Melalui gelaran ini, peran ekonomi syariah dalam mendorong pertumbuhan dan ketahanan perekonomian daerah dan nasional diharapkan semakin meningkat.

Pada kesempatan pembukaan Fesyar juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dengan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI dan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Provinsi Sumatera Utara untuk mendorong pemanfaatan sertifikasi halal bagi UMKM dan akselerasi literasi keuangan syariah kepada masyarakat melalui perbankan syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Surya Rianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper