Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

6 Tips Menyusun Rencana Pensiun Anda

Ketika Anda menyadari pentingnya menabung untuk hari tua, mungkin Anda bingung harus mulai darimana. Nah, lakukan hal ini agar Anda tidak salah langkah dalam mengambil keputusan saat menyusun rencana pensiun Anda
Dana pensiun/Istimewa
Dana pensiun/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika Anda menyadari pentingnya menabung untuk hari tua, mungkin Anda bingung harus mulai darimana. Nah, lakukan hal ini agar Anda tidak salah langkah dalam mengambil keputusan saat menyusun rencana pensiun Anda

Menyiapkan masa pensiun memang tidak mudah. Namun, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini agar Anda bisa memutuskan rencana seperti apa yang akan Anda susun untuk membangun masa pensiun yang berkualitas.

Dikutip dari The Balance, berikut adalah kiat yang bisa Anda lakukan:

1. Definisikan asa pensiun yang ideal

Apa yang Anda bayangkan ketika sudah pensiun? Apakah Anda akan berhenti bekerja atau akan melakukan pekerjaan sampingan, atau justru membangun usaha? Bangunlah sebuah visi yang sesuai dengan nilai dan tujuan hidup Anda dengan penuh pertimbangan.

2. Buatlah bujet untuk tabungan pensiun

Tidak akan ada yang bisa lari dari hari tua, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan lagi selain mempersiapkannya. Lakukan review pada kondisi keuangan Anda. Cermati kemana saja uang Anda selama ini keluar. Dengan begitu, Anda bisa mencari celah untuk menyisihkan sebagian uang Anda untuk tabungan pensiun. Jangan lupa membuat bujet untuk keperluan kesehatan sampai jatah liburan pada saat pensiun.

3. Tentukan di mana Anda akan tinggal

Pikirkan di mana Anda akan menghabiskan masa pensiun Anda. Apakah Anda akan pindah dari tempat tinggal yang sekarang, atau Anda memilih rumah yang lebih kecil. Mencari rumah yang dekat dengan sanak keluarga Anda juga bukan pilihan yang buruk. Banyak elemen yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti hiburan, kesehatan, pajak, dan biaya hidup.

4. Estimasikan jumlah pendapatan yang bisa diterima

Tentukan waktu yang tepat untuk melakukan klaim dari jaminan sosial dan jaminan pensiun. Biasanya pertimbangannya adalah rencana pensiun, angka harapan hidup, kesehatan, dan kebutuhan.

5. Jangan lupakan asuransi kesehatan

Seiring badan yang menua, tingkat kesehatan seseorang pasti akan menurun. Apalagi, biaya kesehatan akan semakin tinggi seiring waktu. Untuk itu, membeli asuransi kesehatan yang terjangkau dan terpercaya adalah prioritas utama saat menyiapkan masa pensiun. Dalam memilih asuransi kesehatan, jangan lupa pertimbangkan masalah premi dan benefit yang Anda dapatkan.

6. Sewa orang terpercaya

Jika pensiun sudah di depan mata, jangan ragu untuk menyewa seorang perencana keuangan, atau profesional lain yang bisa membantu Anda mengurus masalah pajak, surat-surat berharga, dan aset untuk membantu Anda memutuskan dan menyelesaikan urusan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper