Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRI Targetkan Rekrut Setengah Juta Agen BRILink

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk semakin gencar mendorong pertumbuhan agen BRILink yang ditargetkan meningkat menjadi setengah juta agen per akhir 2018.
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9)./JIBI-Dwi Prasetya
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA - PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk semakin gencar mendorong pertumbuhan agen BRILink yang ditargetkan meningkat menjadi setengah juta agen pada 2018.

Agen BRILink merupakan perluasan layanan BRI dengan menjalin kerja sama dengan nasabah sebagai agen bank yang dapat melayani kebutuhan keuangan bagi masyarakat secara real time online.

Selain sebagai upaya memperkuat pertumbuhan bisnis keagenan, strategi ini merupakan komitmen perseroan untuk menyukseskan program keuangan inklusif yang digagas pemerintah.

Hingga akhir tahun 2017, tercatat Bank BRI memiliki sebanyak 279.750 agen BRILink, di mana 78% di antaranya berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Jumlah ini meningkat drastis apabila dibandingkan dengan jumlah agen BRILink di akhir tahun 2016 sebanyak 84.550 orang.

“Kami optimistis bahwa agen BRILink akan menjadi salah satu penopang kinerja perusahaan ke depan, dan kami menargetkan memiliki 500.000 agen hingga akhir tahun 2018,” ujar Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto lewat keterangan resmi, Senin (12/2/2018).

Kenaikan jumlah agen tersebut diklaim mampu mendorong peningkatan jumlah dan volume transaksi secara signifikan. Sepanjang tahun lalu, total transaksi finansial melalui agen BRILink mencapai 202,1 juta, tumbuh 105,4% secara year on year (yoy) dengan total volume transaksi senilai Rp298 triliun, tumbuh 114,2% (secara yoy).

“Agen BRILink juga memiliki kontribusi dalam menghimpun simpanan dari masyarakat utamanya dana murah atau CASA [current account saving account]. Tercatat CASA senilai Rp3,9 triliun mampu dihimpun oleh agen BRILink di seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2017,” imbuhnya.

Agen BRILink juga menjadi salah satu strategi perseroan dalam meningkatkan efisiensi. Dengan berfokus pada pengembangan bisnis agen BRILink, BRI meningkatkan market penetration untuk menjangkau nasabah maupun calon nasabah lebih luas tanpa harus membuka kantor cabang konvensional.

Melalui agen BRILink, nasabah BRI maupun masyarakat umum lainnya bisa mendapatkan pelayanan sama baiknya seperti yang didapatkan di kantor cabang BRI. Masyarakat dapat melakukan setoran tabungan, penarikan secara tunai serta melakukan transaksi transfer atau pembayaran melalui agen.

Agen BRILink juga berfungsi sebagai referal TabunganKu, referal pinjaman mikro serta menjual Asuransi Mikro-KKM. Dengan semakin masifnya perkembangan agen BRILink, Bank BRI menunjukkan peran untuk mendekatkan akses keuangan kepada seluruh golongan masyarakat sehingga meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper