Besok, Shinzo Abe Umumkan Calon Gubernur BOJ

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe diperkirakan akan mengajukan calon gubernur Bank of Japan dan dua deputi ke parlemen pada hari Jumat (16/2/2018) dan memulai proses pengangkatan pimpinan bank sentral Jepang tersebut.
Aprianto Cahyo Nugroho | 15 Februari 2018 16:07 WIB
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe diperkirakan akan mengajukan calon gubernur Bank of Japan dan dua deputi ke parlemen pada hari Jumat (16/2/2018) dan memulai proses pengangkatan pimpinan bank sentral Jepang tersebut.

Menurut sumber dari parlemen yang tak ingin disebutkan namanya, nama calon Gubernur BOJ tersebut akan diumumkan esok hari. Rencananya, mereka akan diumumkan sekitar pukul 11 pagi waktu setempat.

Dilansir Bloomberg, seorang pejabat senior pemerintah mengatakan pemerintah menginginkan gubernur BOJ saat ini, Haruhiko Kuroda, untuk melanjutkan masa jabatan lima tahun berikutnya.

Hal ini diungkapkan setelah media lokal melaporkan kemungkinan pengangkatannya kembali pekan lalu. Selain itu, dua posisi deputi gubernur diperkirakan akan diisi oleh Direktur Eksekutif BOJ Masayoshi Amamiya dan duta besar Jepang untuk Swiss, Etsuro Honda.

Pertemuan dewan pertama di bawah kepemimpinan baru akan diselenggarakan pada tanggal 26-27 April. Kuroda mengatakan pada hari Kamis bahwa bank sentral akan terus mengambil kebijakan yang paling sesuai.

Sebagian besar pengamat BOJ memperkirakan bahwa bank sentral akan terus bertahan dengan kebijakan pelonggaran moneter saat ini.

Tag : bank of japan, bank of japan
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top