BRI Blokir Transaksi Simpedes dari Luar Negeri

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memutuskan untuk memblokir transaksi luar negeri untuk nasabah tabungan Simpedes.
Nirmala Aninda | 18 Maret 2018 01:04 WIB
Nasabah bertransaksi melalui mesin ATM di galeri e-banking Bank BRI, di Jakarta, Selasa (12/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, BANDUNG –  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. memutuskan untuk memblokir transaksi luar negeri untuk nasabah tabungan Simpedes.

Direktur Digital Banking dan TI BRI Indra Utoyo mengatakan langkah ini diambil sebagai bentuk keamanan data nasabah agar tidak dapat disalahgunakan.

"Sudah diblokir, saya rasa sudah sejak pekan lalu," ujarnya dalam media gathering di Bandung, Sabtu (17/3/2018).

Langkah tersebut diambil sebagai bentuk preventif perseroan untuk menghindari terjadi kembali kasus skimming data nasabah untuk di duplikasi kemudian digunakan dalam transaksi di luar negeri.

Pertimbangan yang diambil oleh BRI antara lain nasabah Simpedes dominan melakukan transaksi di lingkup domestik.

Itulah sebabnya bank pelat merah tersebut memutuskan untuk mengatur agar transaksi nasabah Simpedes dari luar negeri secara otomatis ditolak oleh sistem.

Sebelumnya 33 nasabah Bank BRI cabang Kediri, Jawa Timur, melaporkan kejanggalan pada riwayat transaksi melalui rekening mereka yang diketahui melalui notifikasi pesan singkat.

Penyebabnya diketahui sebagai bentuk kejahatan perbankan yang disebut sebagai skimming yakni metode kejahatan dengan menduplikasi data nasabah untuk melakukan transaksi secara ilegal.

BRI bersama pihak berwajib menemukan transaksi tersebut dilakukan dari sejumlah negara di Eropa seperti Jerman dan Spanyol.

Pelaku dari kejahatan perbankan ini diindikasi termasuk dalam jaringan kriminal perbankan internasional.

Tag : bri
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top