Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Mandiri Rancang Skema Student Loan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. membuka peluang untuk membuat produk pembiayaan baru untuk para pelajar yakni student loan seperti yang ada di sejumlah negara maju.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 20 Maret 2018  |  21:51 WIB
Proses pencetakan kartu kredit edisi Asian Games 2018 di Unit Pembuatan Kartu Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (1/3/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Proses pencetakan kartu kredit edisi Asian Games 2018 di Unit Pembuatan Kartu Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (1/3/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. membuka peluang untuk membuat produk pembiayaan baru untuk para pelajar yakni student loan seperti yang ada di sejumlah negara maju.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo skema student loan memiliki potensi yang cukup menarik.

“Kami sedang follow up [rencana stundet loan], karena memang menurut kami itu make sense, jadi kami akan coba arrange segera,” kata Tiko, sapaan akrabnya, di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Tiko menuturkan, dari sisi risiko, penyaluran kredit untuk pembiayaan pelajar dapat dimitigasi. Menurutnya, skema pinjaman student loan akan mirip seperti kredit multiguna alias tanpa jaminan.

Namun untuk mengantisipasi gagal bayar, perbankan perlu melakukan credit scoring dengan menggunakan sistem layanan informasi keuangan (SLIK) serta bekerjasama dengan perusahaan untuk penagihan pinjaman.

“Intinya kan yang penting kita bisa men-track keberadaaan si nasabah setelah lulus. Karena pembayarannya setelah lulus. Yang penting ada NIK [nomor induk kependudukan], jadi selama NIK ada dan masuk ke SLIK, itu bisa diberikan student loan dengan basis seperti kredit multiguna. Jadi dasarnya memang kredit kepada perorangan, nanti dipotong dari gaji yang bersangkutan setelah lulus bekerja,” paparnya.

Untuk mengantisipasi risiko kredit bermasalah, menurut Tiko, perbankan juga perlu mempertimbangkan kelayakan dari sisi pekerjaan yang akan ditekuni calon debitur.

“Yang penting bagaimana proses kita untuk mendaftarkan kepada pemberi gajinya dan kita minta gajinya dipotong untuk pembayaran student loan. Kami ada rencana tapi masih kami rancang.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top