Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unit Syariah Maybank Genjot Kinerja Pembiayaan Infrastruktur

Bisnis.com, JAKARTA Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Maybank Indonesia Tbk. mencatat pertumbuhan pembiayaan syariah sebesar 41,6% secara tahunan, dari Rp14,3 triliun pada kuartal I/2017 menjadi Rp20,2 triliun pada kuartal I/2018.
Maybank/bloomberg.com
Maybank/bloomberg.com

Bisnis.com, JAKARTA — Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank Maybank Indonesia Tbk. mencatat pertumbuhan pembiayaan syariah sebesar 41,6% secara tahunan, dari Rp14,3 triliun pada kuartal I/2017 menjadi Rp20,2 triliun pada kuartal I/2018.

Head Unit UUS Maybank Indonesia Herwin Bustaman mengatakan, pertumbuhan tersebut ditopang oleh pembiayaan kepada Badan Usaha Milik Negara terkait proyek pembangunan infrastruktur nasional.

"Satu tahun terakhir ini pembiayaan kami memang tumbuh pesat karena pembiayaan ke beberapa BUMN. Sekitar lebih dari 25% dari total pembiayaan syariah," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (2/5/2018).

Non Performing Financing (NPF) secara gross juga membaik secara signifikan menjadi sebesar 3,2% pada kuartal I/2018 dibandingkan dengan 4,6% pada tahun sebelumnya.

Menurut Herwin, kondisi tersebut disebabkan oleh perbaikan kondisi salah satu debitur korporasi yang sempat mengalami kesulitan pembayaran pembiayaan.

UUS Maybank Indonesia menargetkan pembiayaan syariah dapat tumbuh sebesar 20% sampai dengan akhir tahun ini dengan tetap fokus pada pembiayaan di sektor infrastruktur.

Herwin juga menambahkan untuk target NPF, manajemen menargetkan rasionya terjaga di bawah rata-rata NPF industri. Sampai dengan Februari 2018 NPF industri bank umum syariah berada pada kisaran 1,4% - 5,6%

Turut mengalami pertumbuhan, total simpanan UUS Maybank Indonesia tumbuh 44,1%  pada kuartal I/2018 menjadi Rp17,5 triliun dari Rp12,1 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nirmala Aninda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper