PasarPolis Gandeng Gojek, Traveloka, dan Tokopedia

PT PasarPolis Indonesia (PasarPolis) mengumumkan kerja sama strategis dengan 3 perusahaan unicorn Indonesia yakni Gojek, Traveloka, dan Tokopedia. Perseroan menargetkan jumlah pemegang polis bertambah dari kerja sama ini.
Azizah Nur Alfi | 10 Agustus 2018 19:40 WIB
Ilustrasi/PasarPolis - Bisnis.doc

Bisnis.com, JAKARTA--PT PasarPolis Indonesia (PasarPolis) mengumumkan kerja sama strategis dengan 3 perusahaan unicorn Indonesia yakni Gojek, Traveloka, dan Tokopedia. Perseroan menargetkan jumlah pemegang polis bertambah dari kerja sama ini.

Kemitraan strategis ini diluncurkan bersamaan dengan kegiatan diskusi Insurtech: The Digital Future of Insurance pada Jumat (10/8/2018).

Founder dan CEO PasarPolis Cleosent Randing mengumumkan bahwa PasarPolis menjadi perusahaan pertama yang mendapat investasi dan menjalin kerja sama strategis dengan 3 unicorn tersebut, kendati tidak disebutkan nilai investasinya.

"Kami menggandeng 3 unicorn tersebut untuk economies of scale agar harga asuransi bisa lebih murah. Kami menggunakan big data, harga asuransi yang lebih murah, dan pengalaman berupa instan klaim yang jauh lebih baik," katanya dalam konferensi pers, Jumat (10/8/2018).

COO PasarPolis Christopher Kustono menyampaikan, dari investasi tersebut akan digunakan untuk pengembangan bisnis dan teknologi yang mendukung bisnis.

Dia menambahkan, melalui kerja sama ini, PasarPolis memperoleh skala pasar yang lebih besar sehingga tidak perlu mengambil margin besar untuk produk asuransi. Dengan begitu, maka perseroan dapat menawarkan produk asuransi dengan premi yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

Dia mencontohkan, mitra Gojek dapat memiliki perlindungan asuransi dengan nilai premi mulai dari Rp15.000 per bulan dengan risiko kerugian yang di-cover seperti akibat kehilangan sepeda motor dan kecelakaan. Adapun, nilai pertanggungannya hingga Rp30 juta jika terjadi kecelakaan.

Dia menyebut ada 700.000 pemegang polis di PasarPolis sejak kehadirannya pada 2015 hingga saat ini. Dari angka tersebut, sebanyak 300.000 pemegang polis berasal dari mitra Gojek.

Melalui kerja sama ini, pihaknya menargetkan mampu mencapai lebih dari 1 juta pemegang polis hingga akhir tahun. Optimisme ini karena melihat ada sekitar 100 juta pengunjung setiap bulan dari 3 platform digital tersebut yang berpotensi membeli asuransi.

"Kami banyak di [asuransi] travel, teller meet product seperti dengan Tokopedia ada purchase protection untuk hp. Ini yang saat ini belum ada di Indonesia. Jikapun ada, harganya sangat mahal," katanya usai konferensi pers, Jumat (10/8/2018).

Sebagai informasi, saat ini PasarPolis menawarkan lebih dari 100 produk asuransi dari sekitar 30 mitra asuransi terkemuka, lokal dan join venture. Di samping bekerja sama dengan 3 platform digital tersebut, pihaknya juga bekerja sama dengan JD, Citilink, dan perusahaan lainnya.

Perseroan akan memperbesar pasar melalui kerja sama dengan ecommerce maupun distribution partner lainnya secara bertahap. Di samping itu, pihaknya terus mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan masyrakat.

"Saat ini, angka transaksi mendekati puluhan ribu polis per bulan. Pada tahun-tahun awal, kami belum sampai ke angka itu. Dengan banyak kerja sama maka setiap tahun semakin meningkat," imbuhnya. 

 

Tag : asuransi, Gojek
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top