Penyaluran Bansos Nontunai Capai 90%

Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) hingga Juni 2018 penyaluran bantuan pangan non tunai tahap I dan II telah mencapai 90% dari target sekitar 5 juta kelompok penerima manfaat.
Nirmala Aninda | 23 Agustus 2018 21:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) hingga Juni 2018 penyaluran bantuan pangan non tunai tahap I dan II telah mencapai 90% dari target sekitar 5 juta kelompok penerima manfaat.

Setiap penerima manfaat berhak atas bantuan pangan non tunai yang diberikan melalui rekening khusus sebesar Rp110.000 per kelompok atau kepala keluarga dalam setiap bulan.

Menteri Sosial Idrus Marham menyampaikan, sampai dengan penyaluran tahap II jumlah penerima manfaat sudah mencapai 4,9 juta yang tersebar di 109 kabupaten dan kota.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengklaim telah tersalurkan bantuan pangan nontunai sebesar 100% yang diberikan kepada kelompok penerima bantuan di tujuh kabupaten dan kota, yaitu Banyuwangi, Cilegon, Cirebon, Denpasar, Jepara, Kendal, dan Madiun.

Direktur Distribution & Network BTN Dasuki Amsir menyampaikan, perseroan telah menyalurkan bantuan pangan non tunai (BPNT) sebesar Rp30,2 miliar sampai dengan kuartal II/2018 kepada 274.199 kelompok penerima manfaat (KPM).

"Penyalurannya cukup efektif dan 100% dana BPNT telah tersedia di rekening masing-masing KPM," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (23/8/2018).

Untuk meningkatkan penyaluran bantuan pada tahap ketiga yang akan berlangsung pada Oktober mendatang, BTN telah menyiapkan sejumlah rencana kerja, seperti percepatan validasi data KPM melalui koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Kementerian Sosial.

Sementara itu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatatkan realisasi penyaluran dana BPNT sebesar Rp87,79 miliar sampai dengan kuartal II/2018.

Pejabat Eksekutif bidang Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Alexandra Askandar mengatakan, realisasi penyaluran dana bantuan hingga saat ini telah melebihi 90% dari target penyaluran tahap I dan tahap II.

Tag : bank bumn
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top