TRIPA Incar Premi Rp1 Triliun

PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA) menargetkan meraup premi Rp1 triliun dalam 5 tahun ke depan. Dengan target ini maka perusahaan diperkirakan menjadi 10 besar perusahaan asuransi di Indonesia dalam pendapatan premi. Saat ini perusahaan berada dalam posisi 15 besar
Anggara Pernando | 27 Agustus 2018 07:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Asuransi Tri Pakarta (TRIPA) menargetkan meraup premi Rp1 triliun dalam 5 tahun ke depan. Dengan target ini maka perusahaan diperkirakan menjadi 10 besar perusahaan asuransi di Indonesia dalam pendapatan premi. Saat ini perusahaan berada dalam posisi 15 besar.

Agung Abadi, Direktur Utama Tri Pakarta menuturkan komitmen ini dicanangkan sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam peringatan ulang tahun ke-40 yang dirayakan 21 Agustus lalu.

"Pada usia yang ke-40 tahun, Tri Pakarta menargetkan dalam kurun waktu 5 tahun ke depan menjadi 10 besar perusahaan asuransi di Indonesia. Dengan mengusung tema Reborn to be Great, Tri Pakarta yakin mampu mencapai target tersebut," kata Agung dalam keterangan tertulis, Senin (27/8/2018).

Agung menuturkan kinerja perusahaan hingga semester I/2018 solid. Dalam enam bulan pertama tahun ini produksi premi perusahaan mencapai Rp319,52 miliar atau tumbuh 17,14% bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu yaitu Rp272,77 miliar.

Potensi menyerap bisnis lebih besar juga tercermin dari masih besarnya kemampuan perusahaan menyerap risiko yang tercermin dalam rasio solvabilitas (Risk Based Capital/RBC). Dalam laporan keuangan yang diaudit untuk tahun buku 2017, RBC Tri Pakarya mencapai 211,57%. Sedangkan Otoritas Jasa Keuangan menetapkan RBC minimal adalah 120%.

"Laba kami juga terjadi peningkatan sebesar 650,45% dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. dari Rp4,36 miliar di 2014 menjadi Rp28,36 miliar pada laporan keuangan 2017," katanya.

Optimisme memperbesar bisnis menjadi 10 besar juga ditopang dengan kuatnya bisnis dalam pasar captive yakni dari Bank Negara Indonesia. Perusahaan juga menyiapkan produk unggulan yang diyakini sesuai dengan kebutuhan pasar,

"Tri Pakarta bertekad untuk menargetkan pencapaian produksi premi di atas Rp1 triliun dengan laba mencapai Rp58 miliar dalam beberapa tahun ke depan. Sedangkan RBC akan selalu dipertahankan di atas 200%," tambah Agung.

Langkah ini juga ditopang sejumlah transformasi yakni dengan menetapkan empat fokus utama untuk meningkatkan produktifitas, yakni Pertama implementasi budaya kerja. Kedua, peningkatan kompetensi operasional dan pemasaran. Ketiga, pimpinan yang teladan. Keempat, indikator yang terukur dalam pengelolaan sumber daya manusia.

Sementara untuk merayakan hari jadinya ke-40, perusahaan melaksanakan beberapa rangkaian acara ulang tahun. Kegiatan tersebut antara lain TRIPA Care, TRIPA Contest, TRIPA Cup, TRIPA Contemplation, dan puncaknya TRIPA Ceremony dengan tema besar Reborn to be Great.

"Pada kegiatan TRIPA Care, Asuransi Tri Pakarta memberikan santunan kepada 40 anak-anak yatim piatu dari Yayasan Panti Asuhan Darul Aitan. Kegiatan TRIPA Care lainnya adalah Donor Darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dengan peserta 71 orang dari pegawai Tri Pakarta di Jakarta," kata Agung.

Sementara TRIPA Cup & TRIPA Contest merupakan kegiatan perlombaan dimana para pegawai TRIPA berkompetisi dalam bidang olahraga, adu bakat, serta implementasi budaya kerja.

"Sebagai rasa syukur dan renungan atas usia yang ke 40, dilaksanakan kegiatan TRIPA Contemplation dengan mengundang pembicara dari ESQ yaitu Risman Nugraha. Tema dari kegiatan TRIPA Cup TRIPA Contest & TRIPA Contemplation yaitu TRIPA Gue Banget!!," katanya.

Tag : asuransi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top