Virtual Account Zakat Bank Muamalat Diganjar Baznas Award 2018

PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. memanfaatkan teknologi digital guna memudahkan nasabah dalam pembayaran zakat.
Rinaldi Mohammad Azka | 08 September 2018 15:10 WIB
Aktivitas di Bank Muamalat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. memanfaatkan teknologi digital guna memudahkan nasabah dalam pembayaran zakat.

Inovasi ini membuat Bank Muamalat diganjar penghargaan Baznas Award 2018 kategori khusus Layanan Pembayaran Zakat Via Teknologi Perbankan.

Chief Executive Officer Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, perseroan punya beragam inovasi yang ditujukan agar masyarakat semakin mudah saat ingin membayar zakat. Diantaranya adalah memanfaatkan virtual account dan aplikasi chatbot.

Oleh karena itu, dia bersyukur atas apresiasi Baznas atas pemanfaatan teknologi digital yang Bank Muamalat lakukan. Apalagi Bank Muamalat merupakan satu-satunya bank yang mendapat penghargaan tersebut.

“Ini berarti kerja keras plus kreatifitas yang kami lakukan tidak sia-sia dan bermanfaat bagi masyarakat. Kami akan terus berinovasi dan semoga penghargaan ini menjadi katalis bagi kemajuan Bank Muamalat di sektor islamic banking,” katanya.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Permana pada hari Jumat, 7 September 2018 bertempat di Aula HM Rasjidi Kementerian Agama Jakarta Pusat.

Selain menyediakan menu pembayaran Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) melalui ATM dan mobile banking, pionir bank syariah di Indonesia ini bekerjasama dengan Baznas menggunakan aplikasi chatbot @ZakiBaznas.

Hal ini merupakan asisten virtual zakat pertama di Indonesia dari Baznas melalui aplikasi LINE dan Bank Muamalat sebagai bank penyedia virtual account untuk pembayaran ZIS dalam aplikasi tersebut.

Program Rumah Sehat Baznas juga didukung dengan penyediaan virtual account Bank Muamalat untuk 6 cabang Rumah Sehat milik Baznas di seluruh Indonesia.

Kemudian ada program ZIS One Stop Solution, yang merupakan produk bundling untuk akuisisi Baznas dan LAZ Kerjasama tersebut meliputi pembukaan rekening cantik gratis, produk virtual account dan Cash Management System (CMS).

Selain itu, poin lain yang membuat Bank Muamalat meraih penghargaan tersebut adalah program Tabung Kurban yang berkolaborasi dengan BAZNAS untuk memudahkan donatur dalam menunaikan ibadah kurban.

Cara pembayarannya melalui virtual account Bank Muamalat secara bertahap sampai dananya cukup untuk membeli satu ekor kambing atau domba.

Setelah mendaftar, nantinya peserta akan mendapatkan nomor virtual account, kemudian bisa melakukan pembayaran di seluruh cabang Bank Muamalat serta seluruh kanal elektronik Bank Muamalat seperti ATM, Internet Banking dan Mobile Banking. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui kanal elektronik bank selain Bank Muamalat.

Nomor virtual akan disesuaikan dengan nomor handphone masing-masing peserta kurban, sehingga akan mempermudah peserta mengingat nomor rekening kurban mereka. “Kami merupakan bank pertama yang memberikan inovasi kemudahan dalam melakukan kurban melalui pembayaran bertahap dengan virtual account,” imbuh Permana.

Tag : bank muamalat, baznas
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top