Akuisisi Saham Danareksa, BRI Gelontorkan Rp819 Miliar

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. secara resmi telah mengakuisisi saham PT Danareksa Sekuritas kemarin, Kamis (27/8).
Ipak Ayu H Nurcaya | 28 September 2018 21:59 WIB
Petugas gabungan dari Polres Blitar dan Kantor Cabang BRI memeriksa mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) saat berpatroli bersama di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (24/3/2018). - ANTARA/Irfan Anshori

Bisnis.com, Jakarta — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. secara resmi telah mengakuisisi saham PT Danareksa Sekuritas kemarin, Kamis (27/8).

Direktur Keuangan Bank BRI Haru Koesmahargyo mengatakan perseroan telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan PT Danareksa Persero sebagai pemegang saham Danareksa sekuritas dan Danareksa investment manajement.

Jual beli saham bersyarat tersebut meliputi 67% saham Danareksa Sekuritas senilai Rp447 miliar dan 35% saham Danareksa Investment manajemen senilai Rp372 miliar.

"Kesepakatan tersebut dilatarbelakangi oleh strategi jangka panjang BRI dalam membangun bisnis jasa keuangan dengan menyediakan layanan yang terintegrasi," katanya kepada Bisnis, Jumat (28/9/2018).

Haru mengatakan pertumbuhan bisnis perusahaan efek dan perusahaan investasi diperkirakan akan cukup menjanjikan seiring dengan naiknya kesadaran masyarakat akan produk keuangan terutama bagi kelas menengah, dan meningkatnya kebutuhan segmen wholesale terhadap produk pasar modal.

Transaksi jual beli saham antara BRI dan danareksa persero ini akan efektif setelah memenuhi persyaratan regulasi antara lain regulasi Otoritas Jasa Keuangan.

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto menambahkan selanjutnya Bank BRI akan mengumumkan transaksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu Peraturan Bapepam LK No IX.E.1 pada tanggal 1 Oktober 2018 mendatang.

Adapun, pada tahun ini Bank BRI telah menyiapkan alokasi dana Rp9 triliun untuk mendukung rencana ekspansi bisnis secara anorganik sepanjang 2018.

Pendanaan tersebut direncanakan untuk pengembangan anak usaha yang telah ada saat ini serta untuk akuisisi anak usaha yang baru.

Sebagai informasi tahun lalu Bank BRI merogoh dana investasi Rp71,21 miliar untuk mendapatkan porsi 35% saham di perusahaan modal ventura, PT Bahana Artha Ventura.

Tag : perbankan, bri
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top