Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Sumsel Babel Dukung Digitalisasi Layanan Taspen

Bank Sumsel Babel, sebagai salah satu mitra bayar PT Taspen (Persero), berkomitmen mendukung digitalisasi layanan yang dilakukan perseroan bagi 12.000 nasabah pensiun yang ditangani BPD tersebut.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 15 Oktober 2018  |  14:21 WIB
Direktur Pemasaran Bank Sumsel Babel Antonius Prabowo Argo (kanan) dan Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Palembang Kasija menandatangani perjanjian kerjasama (PKS), Jumat (12/10/2018). Bisnis - Dinda Wulandari
Direktur Pemasaran Bank Sumsel Babel Antonius Prabowo Argo (kanan) dan Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Palembang Kasija menandatangani perjanjian kerjasama (PKS), Jumat (12/10/2018). Bisnis - Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Bank Sumsel Babel, sebagai salah satu mitra bayar PT Taspen (Persero), berkomitmen mendukung digitalisasi layanan yang dilakukan perseroan bagi 12.000 nasabah pensiun yang ditangani BPD tersebut.

Direktur Pemasaran Bank Sumsel Babel, Antonius Prabowo Argo, mengatakan dengan jaringan kantor yang tersebar di penjuru Sumsel dan Babel bakal memudahkan proses pendaftaran atau enrolment pensiunan Taspen yang ditangani Bank Sumsel Babel.

“Kami sebagai office channeling bisa menjadi perpanjangan tangan PT Taspen. Nasabah pensiunan bisa melakukan enrolment di kantor kami tanpa perlu datang ke Taspen,” katanya usai penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara Bank Sumsel Babel dan PT Taspen (Persero), Jumat (12/10/2018).

Antonius mengatakan nantinya Taspen melalui Bank Sumsel Babel menerbitkan Taspen Smart Card untuk memudahkan penerima pensiun.

“Selain sebagai kartu identitas penerima pensiun (KARIP) kartu tersebut juga menjadi sarana otentikasi pembayaran pensiun bulanan, ATM atau kartu debit dan kartu diskon yang berlaku pada merchant tertentu yang bekerja dengan Bank Sumsel Babel,” katanya.

Saat ini, kata Antonius, Bank Sumsel Babel sedang dalam proses perizinan dan persetujuan untuk co-branding Taspen  Smart Card kepada  Bank Indonesia.

“Apabila telah disetujui Taspen Smart Card tersebut akan disampaikan kepada seluruh penerima pensiun,” katanya.

Selain penempatan logo pada smart card tersebut, melalui kerja sama ini Bank Sumsel Babel berhak menerima dana untuk pembayaran manfaat Program THT, JKK, JKM, Pensiun Non Dapem, Pensiun Bulanan, dan Pensiun Bersifat Khusus sesuai dengan jumlah dalam daftar pembayaran pensiun dari PT Taspen.

Sementara itu Kepala Cabang PT Taspen (Persero) Palembang, Kasija, mengatakan kerja sama dengan BPD itu merupakan implementasi dari program digitalisasi penyaluran pembayaran gaji pensiun melalui proses enrolment.

Output nya adalah smart card Taspen yang mempunyai banyak fungsi, seperti mempermudah penyaluran kepada pada pensiun, penyaluran lebih transparan dan tepat sasaran dan dapat mengikuti promo-promo diskon yang dibuat oleh Bank Sumsel Babel,” paparnya.

Menurut Kasija, jumlah penerima pensiun Taspen yang pembayarannya melalui Bank Sumsel Babel menempati posisi atas, yakni 12.000 penerima dari total 48.000 pensiunan di wilayah Palembang.

Pihaknya mencatat untuk proses enrolment di mitra bayar Bank Sumsel Babel, sudah terealisasi 7.314 penerima pensiun.

“Kami mohon support untuk dipercepat implementasi smart card, mesin pendaftaran sudah kami taruh di kantor-kantor Bank Sumsel Babel,” ujarnya.

Jasika mengatakan progres tahapan digitalisasi layanan di Bank Sumsel Babel menunjukkan capaian yang  cepat di mana dalam kurun 2 pekan sudah di atas nasional.

“Progresnya cepat dan kami targetkan seluruh penerima pensiun di Sumsel, termasuk yang ada di mitra bayar Bank Sumsel Babel, bisa menerima smart card pada Desember 2018,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bsb
Editor : Surya Mahendra Saputra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top