Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meneropong Tantangan Industri Gadai di 2019

Bisnis.com, JAKARTA - Industri pergadaian swasta hadir sebelum industri financial technology (fintech) peer to eer lending ada. Namun demikian, pertumbuhan industri pergadaian masih di bawah fintech lending. nBisnis.com, JAKARTA - Industri pergadaian swasta hadir sebelum industri financial technology (fintech) peer to peer lending ada. Namun demikian, pertumbuhan industri pergadaian masih di bawah fintech lending.
Model memperlihatkan layanan Pegadaian digital service./JIBI-Dwi Prasetya
Model memperlihatkan layanan Pegadaian digital service./JIBI-Dwi Prasetya
Bisnis.com, JAKARTA - Industri pergadaian swasta hadir sebelum industri financial technology (fintech) peer to peer lending ada. Namun demikian, pertumbuhan industri pergadaian masih di bawah fintech lending. 
Industri pergadaian diatur oleh Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No.31/2016 tentang usaha pergadaian yang diteken pada 29 Juli 2016. Sementara itu, fintech lending dilegalisasi oleh POJK No.77/2016 tentang layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi yang dirilis tanggal 26 Desember 2018. 
Ketua Umum Perkumpulan Perusahaan Gadai Indonesia (PPGI) Harianto Widodo menuturkan, persaingan dengan lembaga keuangan lain seperti fintch lending, multifinance dan perbankan menjadi tantangan utama bagi industri pergadaian untuk tumbuh. 
"Kalau perusahaan gadai itu sangat tradisional, mau diekspansi besar, teman-teman pelaku harus memperhitungkan cost, karena harus benar-benar offline," katanya kepada Bisnis.com, dikutip Kamis (27/12/2018). 
Dia melanjutkan, pelaku gadai yang sudah memanfaatkan teknologi informasi seperti PT Gadai Pinjam Indonesia dengan platform pinjam.co.id pun tidak bisa sepenuhnya menggantungkan operasional pada transaksi online, karena model bisnis gadai yang memerlukan interaksi langsung antara nasabah dan penyelenggara gadai.  
"Dia [pinjam.co.id] aplikasinya bisa diakses, tetapi di lapangan tetap butuh orang yang pick up [barang gadainya]," ujar Harianto. 
Oleh karena itu, tantang industri gadai ke depan adalah pemanfaatan teknologi informasi yang menyesuaikan dengan model bisnis gadai. Sedangkan PT Pegadaian (Persero) memilih membesarkan bisnis non gadai untuk meraup pertumbuhan pada tahun depan. 
Menurut Harianto masing-masing perusahaan gadai harus merancang strategi khusus untuk meraup pertumbuhan dan menghadapi tantangan yang ada. Strategi tersebut harus pula mempertimbangkan jangkauan operasi, sistem kerja dan segmen market masing-masing perusahaan. 
"Itu tantangannya, karena gadai tidak sepenuhnya di-handle secara digital," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Anggi Oktarinda

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper