Bank Wakaf Mikro Resmi Berdiri di Ciamis

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meresmikan Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Al-quran Cijantung dan Darussalam Ciamis, Sabtu (29/12/18) petang.
Wisnu Wage Pamungkas | 30 Desember 2018 12:26 WIB

Bisnis.com, CIAMIS – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso meresmikan Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Al-quran Cijantung dan Darussalam Ciamis, Sabtu (29/12/18) petang.

Wagub Uu berharap bank wakaf mikro akan mampu menjembatani antara masyarakat pengusaha mikro dengan para pemodal yang ada di wilayah Ciamis.

"Sehingga visi Jabar juara lahir batin dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat bisa terbantu dengan lahirnya lembaga keuangan bank wakaf ini," harapnya dalam rilis Humas Jabar yang dilansir hari ini Minggu (30/12/2018).

Bank wakaf mikro adalah lembaga keuangan berlabel syariah. Wagub menuturkan, di dunia ada 3 sistem perekonomian yaitu liberal, sosialis dan syariah. Pertengahan antara liberal yang selalu bebas dan pertengahan antara sosialis yang selalu diatur oleh negara adalah ekonomi syariah.

"Tdak terlalu liberal karena diatur oleh agama dan tidak terlalu dikekang karena memang ada kebebasannya, itulah ekonomi syariah," tuturnya.

Pemprov Jabar sangat mendukung berdirinya bank wakaf mikro karena sejalan dengan salah satu program Gubernur Jabar yaitu mewujudkan pesantren juara. Uu mengatakan, bila pesantren menghasilkan alumni yang menjadi ulama lagi itu hal biasa. 

"Tetapi alumni menjadi ulama sekaligus pengusaha itu luar biasa. Mudah-mudah terakserasi juga dengan adanya bank wakaf mikro ini," ujar Uu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bank Wakaf Mikro

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top