Laba Citigroup Ditopang Strategi Efisiensi

Citigroup Inc. melaporkan perolehan laba per kuartal I/2019 mencapai US$4,71 miliar, atau naik 1,92% dibandingkan dengan laba pada periode sama tahun lalu senilai US$4,62 miliar.
Laba Citigroup Ditopang Strategi Efisiensi
M. Richard - Bisnis.com 16 April 2019  |  11:15 WIB
Laba Citigroup Ditopang Strategi Efisiensi
Citibank - Reuters/Robert Galbraith

Bisnis.om, JAKARTA — Citigroup Inc. melaporkan perolehan laba per kuartal I/2019 mencapai US$4,71 miliar, atau naik 1,92% dibandingkan dengan laba pada periode sama tahun lalu senilai US$4,62 miliar. 

Kepala Bagian Keuangan Citigroup Inc. Mark Mason menjelaskan bahwa peningkatan laba tersebut merupakan buah dari strategi efisiensi kegiatan operasional, yang membuat total biaya operasional turun 3% secara tahunan menjadi US$10,58 miliar. Selain itu, perseroan juga membayar pajak yang lebih rendah pada kuartal ini. 

"Citigroup Inc memotong biaya pengeluaran [operasional], dan membayar tarif pajak yang lebih rendah. Ini menunjukkan hasil positif," katanya seperti dikutip dari Reuters, Selasa (16/4/2018). 

Meski demikian Mark mengaku adanya penurunan kinerja yang diakibatkan oleh penurunan pendapatan bunga. 

Di sisi lain, Kepala Eksekutif Citigroup Inc. Mike Corbat masih tetap optimistis akan mencetak pertumbuhan laba positif pada kuartal berikutnya. Pasalnya, Citi telah berinvestasi dalam mengembangkan layanan digital untuk menghimpun lebih banyak dana murah dari produk giro dan tabungan atau current account saving account (CASA). 

Adapun, total pinjaman yang disalurkan oleh Citigroup per kuartal I/2019 naik 3% secara tahunan menjadi US$682,3 miliar. Hal ini membuat margin bunga bersih Citi meningkat 8 bps menjadi 2,72%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
citibank

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top