Fintech Modal Rakyat Gandeng Pengrajin Tenun NTT

Modal Rakyat memberikan soft loan kepada pengrajin tenun NTT untuk mendorong peningkatan pembiayaan kepada UMKM di Indonesia timur.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  19:23 WIB
Fintech Modal Rakyat Gandeng Pengrajin Tenun NTT
Pengunjung menghadiri acara FinTech for Capital Market Expo 2019 di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (19/6/2019). - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA — Peer-to-peer (P2P) lending PT Modal Rakyat Indonesia (Modal Rakyat) memberikan pinjaman berbunga rendah atau soft loan kepada pengrajin tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mendorong peningkatan pembiayaan kepada UMKM di Indonesia timur.

CEO Modal Rakyat Stanislaus M.C. Tandelilin mengatakan, salah satu bentuk kepedulian Modal Rakyat kepada UMKM adalah dengan penyaluran dana Rp74 juta ke Copa de Flores yang berhasil tergalang dananya sebagai bentuk fitur CSR baru yang diperkenalkan oleh Modal Rakyat.

Modal Rakyat dan Copa de Flores bertemu di jaringan ekosistem Digitaraya yang diampu oleh Google Indonesia. Nantinya, penyaluran dana tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan usaha Copa de Flores serta membantu para penenun untuk terus meningkatkan penghasilan mereka.

“Penyaluran pembiayaan ini berupa soft loan yang tidak berbunga agar ada pertanggungjawaban dari pelaku UMKM. Kami saat ini lebih banyak fokus di Jawa dan Indonesia bagian barat. Jadi, ini salah satu cara untuk memperluas cakupan ke Indonesia timur,” katanya, Selasa (13/8/2019).

Copa de Flores sebagai social enterprise bergerak di industri kreatif sejak 2015 bekerja sama dengan lebih dari 10 komunitas penenun di Kabupaten Sikka, NTT, untuk memberdayakan perempuan melalui kegiatan menenun sebagai medium pemulihan (mindfulness growing) berbasis meditasi visual.

Modal Rakyat fokus pada pendanaan produktif, khususnya UMKM. Dia berharap, kerja sama ini menjadi titik awal untuk meningkatkan jumlah pendana perempuan di Modal Rakyat, termasuk dengan memperluas jumlah peminjam (khususnya perempuan) di luar pulau Jawa.

Tidak hanya itu, kolaborasi antara Copa de Flores dan Modal Rakyat tentu menjadi salah satu cara untuk mengumandangkan Kemerdekaan RI ke-74, yakni ajakan kepada generasi muda untuk bisa berkontribusi secara nyata terhadap perekonomian Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
P2P lending

Editor : Emanuel B. Caesario

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top