BPJS Kesehatan Gandeng Halodoc untuk Kembangkan Layanan Kesehatan Digital

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Media Dokter Investama atau Halodoc untuk mengembangkan layanan kesehatan berbasis digital.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 10 Oktober 2019  |  15:58 WIB
BPJS Kesehatan Gandeng Halodoc untuk Kembangkan Layanan Kesehatan Digital
Petugas kesehatan melayani peserta pengobatan gratis bagi 1.000 pengemudi ojek online yang diselenggarakan oleh Halodoc, di Jakarta, Rabu (6/9). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Media Dokter Investama atau Halodoc untuk mengembangkan layanan kesehatan berbasis digital.

Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Wahyuddin Bagenda menjelaskan bahwa pada tahap awal kerja sama tersebut peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan akses dan layanan kesehatan secara digital dari Halodoc, seperti konten promosi kesehatan, yang terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan.

Menurut dia, kerja sama tersebut diharapkan mampu mengentaskan disparitas antara jumlah penduduk dengan fasilitas dan layanan kesehatan di Indonesia. Kerja sama strategis itu pun akan menjadi langkah awal pengembangan teknologi di sektor kesehatan. 

“Pemanfaatan teknologi dalam layanan BPJS Kesehatan telah menjadi fokus kami sejak beberapa tahun belakangan, guna mengoptimalkan kualitas layanan kami,” ujar Wahyuddin, Kamis (10/10/2019) di Jakarta.

CEO Halodoc Jonathan Sudharta menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen dan fokus untuk memudahkan akses kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia melalui teknologi. Kerja sama itu pun membuka kesempatan perluasan akses perseroan.

"Guna memperluas akses dan layanan kesehatan yang tak hanya terpusat di kota-kota besar, melainkan menjangkau masyarakat di daerah terpencil. Terlebih mengingat BPJS Kesehatan memiliki basis peserta terbesar di Indonesia,” ujar Jonathan dalam kesempatan yang sama.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang turut hadir dalam peresmian kerja sama tersebut mengatakan bahwa kehadiran teknologi memberikan peluang besar untuk percepatan serta perluasan akses dan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Dia pun menyatakan dukungannya terhadap sinergi BPJS Kesehatan dengan Halodoc, sebagai perusahaan teknologi rintisan lokal di sektor kesehatan. Hal tersebut menurutnya menjadi perwujudan sinergi pemerintah dan pelaku bisnis dalam mengoptimalkan peluang di era digital.

"Kita harus menciptakan ekosistem digital di sektor kesehatan yang kondusif dan inklusif bagi berbagai lapisan masyarakat," ujar Rudiantara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bpjs kesehatan

Editor : Anggi Oktarinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top