Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apindo Usul Pembatalan Aturan Pemisahan Unit Usaha Syariah Menjadi Bank Syariah

Pemisahan dari induk juga membutuhkan injeksi modal tambahan agar pertumbuhan tetap tinggi dan sehat.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 06 November 2019  |  18:03 WIB
Apindo Usul Pembatalan Aturan Pemisahan Unit Usaha Syariah Menjadi Bank Syariah
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Hariyadi Sukamdani mengusulkan agar ada peninjauan kembali aturan mengenai pemisahan unit usaha syariah menjadi bank syariah. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengharapkan pemerintah mendorong pembatalan aturan wajib spin off  atau pemisahan unit usaha syariah (UUS) menjadi bank syariah.

Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menuturkan dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pengurus Apindo menyampaikan kewajiban pemisahan unit syariah dari induknya harus ditinjau ulang.

Unit syariah yang berdiri sebagai entitas baru membuat perkembangan menjadi terhambat. Pemisahan dari induk juga membutuhkan injeksi modal tambahan agar pertumbuhan tetap tinggi dan sehat.

"Kenyataannya [bank yang unit syariahnya] yang tidak di spint off itu perkembangannya malah lebih pesat, keuntungan lebih baik, tingkat kesehatan dan tingkat pertumbuhammya juga lebih baik," kata Haryadi di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Bank Indonesia (BI) melalui Peraturan Bank Indonesia No.11/10/PBI/2009 menyebutkan, UUS wajib dipisahkan (spin-off) dari bank umum konvensional (BUK) apabila nilai aset UUS telah mencapai 50% dari total nilai aset BUK induknya.

Sementara itu, jika aset yang ditargetkan belum terpenuhi maka UUS tetap wajib memisahkan diri paling lambat 15 tahun sejak berlakunya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah atau pada tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah unit usaha syariah spin off syariah wapres ma'ruf amin
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top