Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bank Mandiri Siap Rilis Surat Utang Valas dan Rupiah untuk 2020

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. siap menerbitkan surat berharga pada tahun depan. Hal ini akan menjadi sumber dana nonkonvensional untuk mendukung ekspansi kredit sepanjang 2020.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 26 November 2019  |  15:44 WIB
Karyawan melayani nasabah di Bank Mandiri Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (2/10/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan
Karyawan melayani nasabah di Bank Mandiri Cabang Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (2/10/2019). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. siap menerbitkan surat berharga pada tahun depan. Hal ini akan menjadi sumber dana nonkonvensional untuk mendukung ekspansi kredit sepanjang 2020.

Direktur Keuangan Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan bahwa penerbitan surat utang menjadi menarik pada 2020 karena memasuki era suku bunga rendah.

“Kami punya pemikiran untuk ambil valas dan rupiah. Kami tunggu OJK [Otoritas Jasa Keuangan] dulu kasih persetujuan,” katanya usai rapat dengar pendapat dengan Komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Pada tahun depan emiten berkode BMRI ini mematok pertumbuhan kredit lebih tinggi dibandingkan dengan tahun ini. Pada saat yang sama bank memperkirakan dana pihak ketiga (DPK) tumbuh lebih rendah dibandingkan dengan 2019.

Berdasarkan paparan kepada Komisi XI DPR, Bank Mandiri mengejar tutup buku 2020 dengan pertumbuhan kredit sebesar 10% hingga 11% secara tahunan (year-on-year/yoy). Bank memproyeksi akhir tahun ini fungsi intermediasi akan tumbuh 7% yoy hingga 9% yoy.

Sementara itu, DPK bank diperkirakan akan naik 8% yoy hingga 9% yoy. Padahal akhir tahun ini bank memperkirakan DPK masih dapat tumbuh 10% yoy hingga 11% yoy.

Berdasarkan laporan publikasi, pada kuartal III/2019, rasio simpanan terhadap kredit (loan to deposit ratio/LDR) bank telah berada di ambang batas maksimum regulator. Per September tahun ini LDR bank berlogo pita kuning ini sebesar 92,52%, naik tipis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 92,48%. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top