Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tujuh Bank Salurkan Kredit ke Indorent US$175 Juta

PT CSM Corporatama atau Indorent mendapat penyaluran kredit sindikasi dari 7 bank asing dan campuran pada awal tahun ini.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 09 Januari 2020  |  10:58 WIB
Ilustrasi pameran otomotif. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan
Ilustrasi pameran otomotif. - Bisnis/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - PT CSM Corporatama atau Indorent mendapat penyaluran kredit sindikasi dari 7 bank asing dan campuran pada awal tahun ini.

Berdasarkan data Bloomberg (8/1/2019), ketujuh bank tersebut antara lain Bank of China, PT Bank CIMB Niaga Tbk., CTBC Financial holding, DBS group, OCBC, SMF, dan Taishin Financial Holding Co Ltd. dengan total kredit sindikasi adalah US$175 juta.

Berdasarkan catatan Bisnis, PT Indomobil Multi Jasa Tbk. baru menyuntik modal sebesar Rp375 miliar ke anak usahanya Indorent akhir tahun lalu.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya guna meningkatkan modal dasar PT CSM Corporatama dari Rp1 triliun menjadi Rp2,5 triliun.

Adapun, Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara membenarkan adanya transkasi kredit sindikasi dari sejumlah bank termasuk perseroan ke Indorent.

"Total kredit sindikasi itu mencapai US$175 juta, dan digunakan untuk refinancing pembelian mobil-mobil baru," katanya, Rabu (8/1/2019).

Pandji menyebutkan kualitas kredit yang dimiliki perusahaan tersebut masih tergolong baik. Hal tersebut membuat perseroan masih percaya diri untuk menambah fasilitas kreditnya.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan pertumbuhan sektor transportasi, pergudangan dan komunikasi tumbuh cukup baik sepanjang 2019.

Baki kredit per Oktober 2019 mencapai Rp236,91 triliun, naik 11,26% dari periode sama tahun sebelumnya Rp212,93 triliun.

Rasio non-performing loan NPL sektor ekonomi ini juga terjaga dengan tren yang menurun. NPL per Oktober 2019 tercatat 2,13% dari 2,86% pada periode sama 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit sindikasi
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top