Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tugu Insurance Raup Premi Asuransi Awak Pesawat Rp1,15 Triliun

Peningkatan tarif premi menjadi salah satu motor pendorong pertumbuhan premi asuransi aviasi Tugu Insurance pada 2019.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  19:50 WIB
Presiden Direktur PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) Indra Baruna (tengah) berbincang dengan Direktur Muhammad Syahid (kanan), dan Direktur Usmanshah di sela-sela halalbihalal dengan media, di Jakarta, Rabu (19/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Presiden Direktur PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) Indra Baruna (tengah) berbincang dengan Direktur Muhammad Syahid (kanan), dan Direktur Usmanshah di sela-sela halalbihalal dengan media, di Jakarta, Rabu (19/6/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU) meraup premi lini asuransi aviasi senilai Rp1,15 triliun pada tahun lalu. Jumlah tersebut meningkat hingga 57,1 persen (year-on-year/yoy) dari Rp732 miliar pada 2018. 

Asuransi aviasi memberi perlindungan untuk rangka pesawat, termasuk awak kabin dan penumpang. Produk ini juga memasukan perlindungan risiko satelit sebagai bagian dari bisnis.

Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna menjelaskan pertumbuhan premi tersebut didorong oleh meningkatnya tarif premi asuransi aviasi.

"Peningkatan rate premi merupakan dampak dari market aviasi yang sedang hardening. Adanya klaim pada periode sebelumnya juga menjadi salah satu penyebab naiknya premi asuransi aviasi di Tugu Insurance," ujar Indra kepada Bisnis, Rabu (11/3/2020).

Indra menyebutkan capaian premi ini setara dengan 76,1 persen dari total premi lini aviasi industri asuransi umum. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), perolehan premi lini tersebut mencapai Rp1,51 triliun pada tahun lalu.

Perolehan premi aviasi dari industri tumbuh 25,3 persen (yoy) dari premi 2018 senilai Rp1,2 triliun. Adapun, industri membayarkan klaim senilai Rp266 miliar pada 2019, jumlahnya menurun hingga 34,9% (yoy) dari Rp409 miliar pada 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi asuransi tugu pratama
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top