Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

3 Bank Siap-Siap Naik Kelas BUKU IV

Di Indonesia, bank dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan modal inti, yaitu bank umum kegiatan usaha (BUKU) I, BUKU II, BUKU III, dan BUKU IV.
M. Richard, Maria Elena, & Annisa S Rini
M. Richard, Maria Elena, & Annisa S Rini - Bisnis.com 13 Maret 2020  |  15:20 WIB
ilustrasi bank - istimewa
ilustrasi bank - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selain dari nilai aset, salah satu indikator suatu bank bisa disebut sebagai bank besar di Indonesia adalah berdasarkan modal inti.

Di Indonesia, bank dibagi menjadi 4 kelompok berdasarkan modal inti, yaitu bank umum kegiatan usaha (BUKU) I, BUKU II, BUKU III, dan BUKU IV.

Kelompok BUKU I merupakan bank-bank dengan modal inti senilai Rp100 miliar sampai Rp1 triliun, sedangkan BUKU II memiliki modal inti senilai Rp1 triliun hingga Rp5 triliun.

Di atas Rp5 triliun hingga Rp30 triliun, bank masuk ke kategori BUKU III dan di atas Rp30 triliun maka bank disebut kelompok BUKU IV.

Saat ini, terdapat 110 bank di Tanah Air berdasarkan BUKU, tetapi hanya 6 bank yang masuk ke kategori BUKU IV. Keenam bank tersebut adalah BRI, Bank Mandiri, BCA, BNI, Bank CIMB Niaga, dan Bank Danamon.

Beberapa bank BUKU III saat ini mulai ancang-ancang untuk naik kelas ke BUKU IV. Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis, berikut bank yang berencana naik kelas atau bisa naik kelas dalam waktu hingga 5 tahun ke depan:

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank perbankan
Editor : Annisa Sulistyo Rini
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top