Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Corona Merebak, Kinerja Perusahaan Tekfin Akseleran Tetap Tumbuh

Akseleran mencatat di sepanjang pertengahan Maret 2020 rata-rata harian untuk jumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang mengajukan pinjaman usaha produktif melalui Akseleran mencapai sekitar 250 per hari atau tumbuh hingga 116% dibandingkan realisasi pada pertengahan Februari kemarin.
Co-Founder & CEO PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) Ivan Nikolas Tambunan
Co-Founder & CEO PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) Ivan Nikolas Tambunan

Bisnis.com, JAKARTA – Akseleran, perusahaan teknologi finansial (tekfin/fintech) peer-to-peer (P2P) lending, mencatat pertumbuhan angka pengajuan pinjaman untuk usaha produktif di tengah merebaknya virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Dalam keterangan resmi perusahaan, Selasa (17/3/2020), perusahaan mencatat di sepanjang pertengahan Maret 2020 rata-rata harian untuk jumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang mengajukan pinjaman usaha produktif melalui Akseleran mencapai sekitar 250 per hari atau tumbuh hingga 116% dibandingkan realisasi pada pertengahan Februari kemarin.

Bahkan, kata Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran Christopher Gultom, rata-rata jumlah pelaku usaha yang berhasil terverifikasi sebagai peminjam mencapai pertumbuhan lebih tinggi, yakni menembus 156% per hari, atau lebih dari 2.500 peminjam di sepanjang pertengahan Maret 2020.

“Kami bersyukur sejauh ini belum ada dampak signifikan dari virus corona terhadap Akseleran karena sebagian peminjam berasal dari sektor konstruksi serta minyak dan gas," ujar Christopher (17/3/2020).

Menurutnya, kalau pun berdampak terhadap bisnis fintech P2P lending, sektor yang kemungkinan akan terkena adalah yang berkaitan dengan pariwisata maupun industri perhotelan, travel agency, dan ekspor, meski tidak terlalu signifikan.

Selain itu, lanjutnya, pertumbuhan yang terjadi pada peminjam sejalan dengan pertumbuhan pada nilai investasi pendanaan yang disalurkan oleh para pemberi pinjaman Akseleran (lender). Rata-rata dalam sehari, jumlah investasi pendanaan Akseleran mencapai sekitar

Rp2 miliar lebih di sepanjang pertengahan Maret 2020, atau tumbuh 61% dibandingkan periode yang sama bulan lalu.

“Masih di pertengahan Maret ini, yang tak kalah menarik adalah total nilai investasi pendanaan dari para lender baru kami berhasil tumbuh hingga 277%," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmad Fauzan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper