Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Soal Biaya Pasien Corona, BPJS Kesehatan Siap Ditugaskan Pemerintah

Sistem penjaminan dan pembiayaan BPJS Kesehatan diklaim sudah memiliki alur dan prosedur yang memadai.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  21:50 WIB
Masyarakat melakukan proses administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (10/2/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone
Masyarakat melakukan proses administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (10/2/2020). Bisnis - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) menyatakan siap mendapatkan penugasan dari pemerintah untuk ikut menanggung biaya pengobatan pasien yang terinfeksi virus corona.

Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Annas Ma'ruf menjelaskan sebagai pelaksana program jaminan kesehatan milik pemerintah, pihaknya senantiasa siap dengan penugasan yang diberikan.

"BPJS Kesehatan akan berusaha comply dan mematuhi regulasi yang mengatur [tentang cover pasien corona]," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (18/3/2020).

Dia menambahkan sistem penjaminan dan pembiayaan di BPJS Kesehatan sudah memiliki alur dan prosedur yang memadai sebenarnya, sehingga dapat menanggung pelayanan dan pengobatan pasien corona.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan pemerintah tengah menyiapkan regulasi untuk memberikan kepastian setelah keputusan MA tentang pembatalan kenaikan iuran.

Selain itu, beleid baru berupa Peraturan Presiden tersebut juga akan mengatur penanganan pasien terinfeksi virus corona oleh BPJS Kesehatan. Langkah itu dilakukan agar anggaran pengobatan para pasien corona menjadi akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPJS Kesehatan Virus Corona
Editor : Annisa Sulistyo Rini
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top