Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Holding Asuransi Resmi Terbentuk, Jamkrindo Selaraskan Rencana Kerja

Penyelarasan rencana kerja pun akan dilakukan oleh seluruh anggota holding asuransi dan penjaminan.
Wibi Pangestu Pratama
Wibi Pangestu Pratama - Bisnis.com 25 Maret 2020  |  18:46 WIB
Karyawan melintasi logo-logo perusahaan asuransi di Kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Karyawan melintasi logo-logo perusahaan asuransi di Kantor Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), Jakarta, Selasa (11/02/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jaminan Kredit Indonesia (Persero) atau Jamkrindo akan melakukan penyelarasan rencana kerja seiring resminya pembentukan holding asuransi dan penjaminan.

Direktur Utama Jamkrindo Randi Anto menjelaskan bahwa penyesuaian rencana kerja telah disiapkan sebelumnya oleh para anggota holding. Namun, setelah holding resmi terbentuk, penyelarasan lebih lanjut akan dilakukan.

Menurut Randi, penyelarasan akan dilakukan seiring terbitnya rencana kerja holding asuransi dan penjaminan, atau oleh para anggota holding disebut Aspen. Dia menjabarkan bahwa setidaknya terdapat tiga poin penyelarasan yang akan dilakukan Jamkrindo.

"Pertama, menyelaraskan rencana kerja dan anggaran perusahaan [RKAP] 2020 dengan RKAP dari holding, sekaligus menyikapi perubahan ekonomi yang unpredictable," ujar Randi kepada Bisnis, Rabu (25/3/2020).

Kedua, Jamkrindo akan melakukan penyelarasan rencana bisnis jangka panjang agar selaras dengan rencana bisnis holding secara keseluruhan, juga masing-masing anggota holding Aspen. Menurut Randi, hal tersebut penting untuk dilakukan agar sinergi terbentuk.

"Penyelarasan ketiga adalah dengan melakukan eksekusi segera untuk quick win tahun ini, dengan kolaborasi antar anggota holding, sehingga benefit jangka pendek bisa terealisasi," ujar dia.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan bahwa saat ini pemerintah sedang mematangkan rencana kerja holding aspen. Selain itu, pemerintah pun sedang melakukan finalisasi rencana penyehatan kerja (RPK) atas PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dengan melibatkan holding.

Holding Aspen resmi terbentuk sejak 17 Maret 2020 seiring terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20/2020 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia.

Penanaman modal negara ke PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI selaku induk menandai resminya pembentukan holding aspen. Selain BPUI dan Jamkrindo, angota holding lainnya yakni PT Asuransi Jasa Raharja (Persero), PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo, dan PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembiayaan asuransi
Editor : Rahayuningsih
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top