Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantu Tenaga Medis Lawan COVID-19, ISEI Serahkan Bantuan Rp530 Juta ke Rumah Sakit

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) bekerja sama dengan ISEI Jaya dan ISEI Bogor Raya ikut membantu tenaga medis melawan COVID-19 lewan pemberian donasi senilai Rp530 juta kepada beberapa rumah sakit.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 11 April 2020  |  19:19 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan pidato penutupan pada Seminar Nasional dan Kongres ISEI XX di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8). Perry Warjiyo secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2018-2021. - JIBI/Rachman
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyampaikan pidato penutupan pada Seminar Nasional dan Kongres ISEI XX di Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/8). Perry Warjiyo secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2018-2021. - JIBI/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) bekerja sama dengan ISEI Jaya dan ISEI Bogor Raya ikut membantu tenaga medis melawan COVID-19 lewan pemberian donasi senilai Rp530 juta kepada beberapa rumah sakit.

Bantuan yang diberikan pada Sabtu (11/4/2020) itu diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) dan peralatan medis lainnya.

Bantuan didistribusikan ke beberapa pihak yang menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi COVID-19, yaitu Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), Rumah Sakit (RS) Muhammadiyah, RS Bhayangkara Brimob, Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Selatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bogor, dan Dompet Dhuafa. Setiap penerima donasi akan mendapat jumlah dana yang bervariasi dari mulai Rp 50 juta sampai dengan Rp 100 juta.

Dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Ketua Umum ISEI Perry Warjiyo, yang juga Gubernur Bank Indonesia, menyampaikan pengumpulan donasi tersebut merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab moral ISEI terhadap situasi dan kondisi pandemi COVID-19 yang saat ini dihadapi oleh masyarakat.

“Bantuan difokuskan untuk membantu rumah sakit swasta, mengingat saat ini masih banyak rumah sakit swasta yang kekurangan ketersediaan APD dan peralatan medis pendukung lainnya. Bantuan sengaja diberikan dalam bentuk tunai agar memberikan keleluasaan kepada para penerima dalam mengalokasikan dana untuk pembelian peralatan medis sesuai dengan kebutuhan masing-masing.”

Perry juga berharap apa yang dilakukan ISEI ini dapat membantu para tenaga medis yang kini tengah berjuang di garis depan melawan wabah Covid-19. Selain itu, dia menuturkan pemberian donasi tersebut sebagai bagian dan wujud visi misi ISEI untuk mengambil peranan positif di masyarakat. “Semoga upaya yang dilakukan ISEI hari ini dapat memberi kontribusi agar masalah kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi bisa diatasi.”

Dalam sambutannya, Perry juga mengajak semua masyarakat untuk senantiasa memanjatkan doa semoga Allah meridhoi upaya dan langkah ISEI dalam kebersamaan saling membantu dan mengatasi pandemi COVID 19  dan agar bencana ini segera berakhir di bumi Indonesia dan dunia.

Adapun, prosesi penyerahan bantuan ISEI dilakukan secara virtual oleh Ketua Umum ISEI dan diterima oleh Ketua ARSSI Susi Setiawaty, Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Mohamad Agus Samsudin, Perwakilan dari Rumah Sakit Bhayangkara Brimob, Rumah Sakit Umum Daerah Bangka Selatan, Ikatan Dokter Indonesia Cabang Bogor, dan Dompet Dhuafa. Ketua Umum ISEI, Perry Warjiyo, didampingi oleh Ketua ISEI DKI Jaya, Ketua ISEI Bogor Raya, dan Pengurus ISEI Pusat.

Donasi ISEI tersebut merupakan bagian dari program “ISEI Peduli” yang mengumpulkan donasi dari anggota dan simpatisan ISEI. ISEI yang dibentuk dan didirikan pada 14 Januari 1955 merupakan organisasi profesi yang anggotanya terdiri dari para sarjana ekonomi yang memiliki posisi strategis di dalam mendukung pembangunan ekonomi di Indonesia melalui sumbangsih pemikiran dan tindakan nyata.

ISEI yang sudah berusia 64 tahun memiliki komitmen untuk terus berperan aktif dan berkontribusi positif di dalam pembangunan ekonomi nasional. Hal ini sesuai dengan tiga manifesto ISEI yang dicanangkan oleh para pendirinya yaitu, pertama, mengambil peran positif  untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat, kedua, mengembangkan ilmu ekonomi, dan ketiga, menyampaikan pemikiran-pemikiran ekonomi yang sejalan dengan falsafah Pancasila.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

covid-19 rumah sakit
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top