Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Periode Januari-April 2020, Penerbitan Obligasi Leasing Merosot

Selama periode Januari-April 2020 hanya terdapat empat perusahaan yang telah mengajukan penawaran obligasi dengan nilai total sekitar Rp2,88 triliun.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 23 April 2020  |  20:45 WIB
Ilustrasi multifinance - Istimewa
Ilustrasi multifinance - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Sepanjang periode Januari-April tahun ini, penerbitan obligasi atau surat utang oleh perusahaan pembiayaan mengalami penurunan bila dibandingkan periode sama tahun lalu.

Menurut data yang diolah Bisnis dari keterbukaan informasi di KSEI, periode Januari-April 2020 hanya terdapat empat perusahaan yang telah mengajukan penawaran obligasi di pasar surat utang dalam negeri, dengan nilai total sekitar Rp2,88 triliun.

Dimulai pada Januari, misalnya, Sinarmas Multifinance menerbitkan obligasi PUB I tahap IV dengan nilai Rp400 miliar.

Kemudian, pada Maret ada dua penawaran obligasi PUB IV tahap IV yaitu dari PT Astra Sedaya Finance dengan rincian senilai Rp2,18 triliun, dan dari PT Mandala Multifinance, yaitu PUB III tahap V senilai Rp100 miliar.

Terakhir pada April ini, KSEI mencatat adanya penawaran obligasi oleh PT Batavia Prosperindo Finance yaitu PUB II tahap II senilai Rp200 miliar.

Kondisi ini jauh menurun apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, yaitu Januari-April 2019, di mana tercatat ada penawaran dari enam perusahaan, dengan total obligasi dan sukuk mudharabah yang ditawarkan mencapai Rp9,9 triliun.

Sebelumnya, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) menyatakan perusahaan saat ini mengandalkan kas internal untuk penyaluran pembiayaan kepada konsumen.

Direktur Keuangan MTF Armendra menjelaskan pihaknya saat ini terus memastikan cashflow perusahaan dapat berjalan dengan baik.

"Untuk lending atau pembiayaan saat ini kami menggantungkan pada kondisi likuiditas dengan fokus pendanaan dari collection kami," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (23/4/2020)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

multifinance Obligasi
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top