Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tertarik Investasi Reksa Dana? Ini Tiga Aplikasi Paling Populer

Beragam aplikasi yang tersedia memudahkan investor maupun calon investor untuk memulai dan membiasakan diri dengan investasi, terutama investasi reksa dana.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 21 Mei 2020  |  15:30 WIB
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA — Berpikiran untuk mulai investasi reksa dana di tengah masa pandemi ini? Tak usah khawatir karena sekarang banyak aplikasi jual-beli produk reksa dana daring sehingga investasi dapat dilakukan dari mana saja.

Tak hanya bisa jual-beli, mayoritas aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur-fitur yang cukup lengkap untuk memudahkan investasi. 

Berikut 3 aplikasi untuk jual beli reksa dana online yang paling popular berdasarkan pantauan Bisnis.com via dua pasar aplikasi, Google Playstore dan AppleStore. 

1. Bibit

Aplikasi reksa dana online yang dibuat oleh PT Bibit Tumbuh Bersama ini mengklaim dirinya aplikasi yang cocok untuk investor pemula. Di Playstore, Bibit jadi yang paling banyak diunduh dibanding aplikasi sejenisnya yakni lebih dari 500.000 kali dan mendapat rating 4,6. Sementara di AppleStore rating-nya 4,8 dan menempati urutan ke 13 aplikasi finansial paling banyak diunduh. 

Bibit menawarkan kemudahan investasi dengan teknologi “Robo” yang dapat menyesuaikan pola investasi berdasarkan umur, penghasilkan, level risiko, dan target tujuan hidup sang investor dan memberikan rekomendasi sesuai hasil analisanya. Adapula fitur livechat yang memudahkan investor untuk bertanya. 

Aplikasi ini juga punya fitur menabung reksa dana rutin bernama “Nabung Rutin” yang mengacu pada skema Dollar Cost Averaging yakni investor membeli reksa dana dalam jumlah uang yang sama setiap bulan atau setiap minggu. Pilihan pembayarannya juga beragam termasuk melalui dompet digital seperti Go-Pay dan OVO. 

2. Bareksa

Platform investasi daring besutan PT Bareksa Portal Investasi menjadi aplikasi reksa dana online pertama di Indonesia yang mendapat lisensi dari Otoritas Jasa Keuangan. Aplikasi Bareksa telah diunduh lebih dari 100.000 kali via Google Playstore dengan rating 4,4 dari para penggunanya, sedangkan via Apple Store mendapat rating 4,6 dan menempati urutan ke 54 daftar aplikasi finansial paling populer.

Sebagai marketplace reksa dana daring, Bareksa menjual ratusan produk reksa dana dari puluhan manajer investasi di Indonesia. Dalam fitur penjualannya, investor bisa melihat pergerakan harga, imbal hasil, maupun profil manajer investasi yang mengelola produk tersebut.

Ada juga simulasi produk untuk melihat gambaran imbal hasil yang mungkin didapatkan jika memilih suatu produk. Aplikasi Bareksa juga bakal menunjukkan produk mana yang memiliki imbal hasil terbaik, plus ada beragam artikel untuk referensi investor dalam memilih produk.

3. Tanamduit

Aplikasi yang tidak kalah populer adalah Tanamduit dari PT Star Mercato Capitale. Di Google Playstore, Tanamduit tercatat telah diunduh lebih dari 100.000 kali dan mendapat rating 4,1. Adapun di AppleStore aplikasi satu ini memiliki rating 4,6 dan menempati urutan ke 154 di jajaran aplikasi finansial terpopuler.

Tanamduit menyediakan beragam pilihan instrumen investasi, mulai dari reksa dana, surat berharga negara (SBN) hingga asuransi daring seperti asuransi kesehatan dan asuransi ponsel pintar. Ada pula macam-macam investasi dan saham online. Tanamduit juga menyediakan konten edukasi untuk menambah pemahaman para investor

Dalam aplikasi Tanamduit memiliki fitur one view portofolio untuk memantau pergerakan investasi dan ada pula perbandingan 3 produk reksa dana beserta kinerjanya. Tak hanya itu, modal awal yang diperlukan juga sangat rendah yakni mulai dari Rp10.000 saja dan beban biaya admin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

reksa dana
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top