Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Jasindo Berkomitmen Selesaikan Klaim Satelit Palapa N1 (Nusantara Dua)

PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo berkomitmen untuk membantu proses klaim dari polis asuransi peluncuran satelit dan in-orbit atas satelit Palapa N1 atau Nusantara Dua milik kliennya PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS).
Satelit Nusantara Dua kerja sama PSN-Indosat Ooredoo./Istimewa
Satelit Nusantara Dua kerja sama PSN-Indosat Ooredoo./Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA – PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Asuransi Jasindo berkomitmen untuk membantu proses klaim dari polis asuransi peluncuran satelit dan in-orbit atas satelit Palapa N1 atau Nusantara Dua milik kliennya PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS).
Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Operasional Asuransi Jasindo, Dodi Susanto.
“Kami turut prihatin atas launch failure Satelite Nusantara Dua milik klien kami PSNS, dan kami senantiasa mendampingi klien kami, khususnya dalam penyelesaian klaim,” kata Dodi.
Satelit Nusantara Dua meluncur dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC), Xichang, China, Kamis (9/4/2020), namun terjadi kegagalan pada 3rd stage atas launch vehicle dan kemudian satelit hilang.
Usai mendengar kabar tersebut, Asuransi Jasindo segera melakukan koordinasi baik internal maupun eksternal (klien, reinsurance broker dan reinsurer) untuk penanganan klaim yang nilainya dipastikan cukup material tersebut.
“Asuransi Jasindo sedang dalam proses analisa informasi klaim untuk pertanggungan dalam polis Asuransi Jasindo sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dalam polis,” lanjut Dodi.
Saat ini, kata Dodi, pihaknya juga tengah menunggu dokumen pendukung klaim lebih lanjut yang akan disampaikan secara resmi oleh kliennya PSNS segera setelah tambahan informasi yang diperlukan tersedia.
“Tim teknis penanganan klaim Asuransi Jasindo segera membuat analisa klaim dan berkoordinasi dengan reinsurance broker dan reinsurers, sehingga diharapkan dalam waktu yang relatif singkat, data yang dibutuhkan terkait klaim tersebut sudah siap,” jelasnya. 
Dodi memastikan Asuransi Jasindo selalu sigap dalam menyelesaikan klaim yang termasuk kategori specialty risk (risiko khusus) ini, tentunya dengan ketentuan di dalam polis dengan efektif, tepat dan cepat.
“Karena kami adalah asuransi umum milik BUMN yang memiliki pengalaman dalam menangani asuransi specialty risk seperti asuransi satelit, aviasi, dan energy offshore. Sejak 1976 kami telah menangani 20 asuransi peluncuran satelit dan telah menyelesaikan klaim asuransi satelit sekitar US$567 juta. Tahun kemarin kami juga telah menyelesaikan pembayaran klaim sebesar Rp876 miliar untuk industri offshore,” terangnya.
Dodi juga memastikan, Asuransi Jasindo selalu mengedepankan proses bisnis yang prudent diantaranya pemilihan reinsurer dengan international rating serta kerjasama dengan global reinsurance broker yang memiliki reputasi baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper