Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandemi Covid-19, Danain Dapat Suntikan Bank Sahabat Sampoerna

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Danain menorehkan prestasi cukup menggembirakan. Platform Peer to Peer Lending yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini mendapat kepercayaan dari Bank Sahabat Sampoerna.
Ilustrasi kegiatan pedagang mikro di pasar tradisional. /Antara
Ilustrasi kegiatan pedagang mikro di pasar tradisional. /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, Danain menorehkan prestasi cukup menggembirakan. Platform peer to peer lending yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini mendapat kepercayaan dari Bank Sahabat Sampoerna.

Co-founder & CEO PT Mulia Inovasi Digital (Danain) Budiardjo Rustanto mengatakan kepercayaan dari institusi keuangan terkemuka di masa sulit seperti ini merupakan sesuatu yang membanggakan.

“Ini memacu kami untuk terus tumbuh dan melayani makin banyak lagi borrower yang sebagian besar adalah usaha mikro,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (16/6/2020).

Proses penandatanganan kerja sama antara Danain dan Bank Sahabat Sampoerna dilakukan pada Senin (8/6/2020) di Sampoerna Strategic Square, Jakarta Selatan.

Tentang jumlah komitmen yang diterima, Budiardjo enggan mengungkap besarannya. “Yang pasti cukup signifikan bagi pertumbuhan Danain pada tahun ini dan ini merupakan tahap awal. Kami sangat berharap, dengan kerja sama yang baik dan saling menguntungkan ini, dukungan Bank Sahabat Sampoerna kepada Danain akan makin besar pula nantinya.”

Budi mengatakan bahwa setiap pendanaan Danain senantiasa beragunan emas, yang disimpan dengan aman di perusahaan pegadaian swasta mitra Danain. Dengan tren harga emas yang terus naik, tak heran jika pendanaan yang disalurkan memiliki tingkat collateral coverage sangat sehat, sehingga kecil sekali kemungkinan  peminjam tidak melakukan pelunasan pinjamannya.

Sejauh ini, TKB 90 yang menjadi indikator tingkat keberhasilan pengembalian pendanaan di Danain masih bertengger di angka 100%. Artinya, sampai sekarang, tidak ada pendanaan bermasalah. Danain telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp600 miliar sejak beroperasi pada 2018.

Pada 2020, meski di tengah pandemi, Danain optimistis mampu meningkatkan penyaluran pendanaan lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan 2019. “Dengan dukungan dari Bank Sahabat Sampoerna, kami makin optimis mencapai pertumbuhan yang signifikan dibanding tahun lalu,” ungkap Budi.

Budi menjelaskan, saat ini permintaan pinjaman di platform Danain menunjukkan tren meningkat tajam, terutama setelah ada upaya menggairahkan roda ekonomi di daerah-daerah yang minim penyebaran Covid-19. Para pengusaha mikro sedang memerlukan dana untuk restart bisnis mereka. 

“Dukungan Bank Sahabat Sampoerna ke Danain ini datang di waktu tepat, yang mana masyarakat yang sedang membutuhkan dana. Dengan kerja sama ini, Danain sebagai platform peer to peer lending bisa membantu melayani masyarakat yang membutuhkan pinjaman dana untuk membuka kembali usahanya,” ujar Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper