Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pendapatan Bank Masih Bisa Tumbuh Akhir Tahun, Tapi Terbatas

Berdasarkan data OJK, pendapatan bunga bersih dan pendapatan komisi bank turun 1,91 persen dan 1,09 persen yoy pada paruh pertama 2020.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 30 Agustus 2020  |  07:05 WIB
Ilustrasi Bank - Istimewa
Ilustrasi Bank - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pandemi virus corona tidak hanya berdampak pada permintaan kredit, tetapi juga pendapatan bunga bersih sekaligus fee industri perbankan.

Hanya saja, pendapatan bunga bersih dan pemasukan berbasis komisi diperkirakan masih dapat tumbuh meski moderat sampai akhir tahun ini.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pendapatan bunga bersih (net interest income/NII) pada paruh pertama tahun ini tercatat Rp186,88 triliun, terpangkas 1,91 persen secara tahunan.

Sementara itu, dividen, keuntungan penyertaan equity method, komisi/provisi/fee tercatat Rp38,70 triliun, turun 1,09 persen secara tahunan.

Senior Faculty LPPI Moch Amin Nurdin mengatakan pandemi virus corona membuat fungsi intermediasi sekaligus bisnis transaksi perbankan terpukul secara bersamaan.

Namun, bisnis transaksi khususnya untuk segmen individual masih berpotensi untuk meningkat sehingga membuat pendapatan berbasis komisi atau fee based income (FBI) tumbuh moderat seiring dengan perbaikan daya beli dari insentif fiskal pemerintah.

"Untuk FBI masih ada potensi tumbuh positif, tetapi tetap tidak akan terlalu tinggi karena bisnis transaksi dari korporasinya belum membaik seperti letter of credit dan bank garansi," jelasnya kepada Bisnis, Jumat (28/8/2020).

Dia menggaris bawahi pertumbuhan positif tersebut pun hanya akan terjadi pada bank bank besar yang basis teknologinya sudah mumpuni.

Pasalnya belanja masyarakat pada paruh kedua tahun ini akan lebih didominasi oleh platform online, yang mana bank-bank besar sudah lama bermitra dengan mereka.

"Untuk sisi pendapatan bunga bersih juga sebenarnya bank besar juga masih ada potensi tumbuh. Mereka mendapat spil over berupa flight to quality sekaligus penempatan dana murah dari pemerintah," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan pendapatan kinerja bank
Editor : Annisa Sulistyo Rini
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top