Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Laporan BI: Kenaikan DPK Tidak Diimbangi Penyaluran Kredit

Tak sejalan dengan kenaikan DPK, pertumbuhan kredit yang disalurkan perbankan tak banyak berubah pada bulan lalu. BI mencatat penyaluran kredit pada Juli 2020 senilai Rp5.536,4 triliun atau tumbuh 1 persen seperti pada bulan sebelumnya.
Dwi Nicken Tari
Dwi Nicken Tari - Bisnis.com 31 Agustus 2020  |  12:28 WIB
Nasabah mengisi from penarikan uang di banking hall Kantor Pusat BRI Syariah di Jakarta, Senin (15/7 - 2019). Bisnis
Nasabah mengisi from penarikan uang di banking hall Kantor Pusat BRI Syariah di Jakarta, Senin (15/7 - 2019). Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Bank Indonesia (BI) mencatat kenaikan penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Juli 2020. Utamanya kenaikan ini didorong oleh komponen simpangan berjangka.

Berdasarkan data Bank Indonesia per Juli 2020, penghimpunan DPK tercatat sebesar Rp6.058,7 triliun atau naik 7,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy), sedikit lebih tinggi dibandingkan kenaikan pada bulan lalu sebesar 7,6 persen yoy.

“Peningkatan DPK pada Juli 2020 terutama didorong oleh komponen simpanan berjangka. Berdasarkan golongan nasabahnya, peningatan DPK terjadi pada nasabah korporasi dan perorangan,” tulis BI dalam laporan Analisis Perkembangan Uang Beredar Juli 2020, Senin (31/8/2020).

Simpanan berjangka yang tercatat naik 5,5 persen yoy pada bulan lalu dari posisi pada Juni 2020 yang naik 4,0 persen yoy bersumber dari simpanan berjangka rupiah maupun valas terutama di DKI Jakarta dan Banten.

Di sisi lain, giro dan tabungan tumbuh melambat masing-masing menjadi 11,2 persen yoy dan 8,2 persen yoy.

Tidak sejalan dengan kenaikan DPK, pertumbuhan kredit yang disalurkan perbankan tak banyak berubah pada bulan lalu. BI mencatat penyaluran kredit pada Juli 2020 senilai Rp5.536,4 triliun atau tumbuh 1 persen seperti pada bulan sebelumnya.

“Stabilnya penyaluran kredit seiring dengan peningkatan penyaluran kredit kepada debitur korporasi, yang diimbangi dengan perambatan penyaluran kredit pada debitur perorangan,” tulis BI.

Sedangkan berdasarkan jenis penggunaannya, pertumbuhan kredit dipengaruhi oleh kredit investasi yang tumbuh stabil, penurunan kredit modal kerja yang tidak sedalam bulan berikutnya, serta perlambatan kredit konsumsi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia dpk
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top