Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank BNI Turunkan Bunga Deposito Jadi 3,5 Persen, Kenapa?

Corporate Secretary BNI Melly Meiliana mengatakan perseoran memang melakukan penyesuaian suku bunga deposito dari semula maksimal 4,75% menjadi maksimal 3,50%. Langkah tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi likuiditas dan komposisi pendanaan.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 08 September 2020  |  09:19 WIB
Karyawati menunjukan Uang Rupiah dan Dollar AS di salah satu kantor cabang Bank BNI di Jakarta, Kamis (3/9/2020).  Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawati menunjukan Uang Rupiah dan Dollar AS di salah satu kantor cabang Bank BNI di Jakarta, Kamis (3/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. akan memberlakukan penurunan suku bunga deposito dari maksimal 4,75% menjadi 3,50% yang berlaku efektif per 14 September 2020. Kenapa?

Corporate Secretary BNI Melly Meiliana mengatakan perseoran memang melakukan penyesuaian suku bunga deposito dari semula maksimal 4,75% menjadi maksimal 3,50%. Langkah tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi likuiditas dan komposisi pendanaan.

Menurutnya, saat ini kondisi likuiditas BNI terus membaik tercermin dari rasio pinjaman terhadap simpanan atau loan to deposit ratio (LDR) yang berada dikisaran 83% per Agustus 2020. Realisasi LDR tersebut terjadi di tengah permintaan kredit yang relatif stagnan.

Selain itu, Bank BNI saat ini juga lebih akan menyasar pendanaan yang bersumber dari dana murah. "Pendanaan diprioritaskan untuk dana-dana yang lebih murah menyesuaikan dengan permintaan kredit," katanya kepada Bisnis, Selasa (8/9/2020).

Bisnis mencatat, saat ini sejumlah bank besar telah menurunkan suku bunga deposito ke level 3%. Penurunan diawali Bank BCA. Sebelumnya, pada akhir tahun lalu suku bunga deposito BCA masih bertengger di level 4,5%. Kemudian, pada Juni 2020, suku bunga deposito BCA turun ke level 3,8%.

Hingga 14 Agustus 2020, suku buga deposito BCA untuk semua nilai simpanan dan jangka waktu kompak turun ke level 3,5%.

Adapun, Bank Mandiri sebelumnya juga masih menawarkan suku bunga tinggi dibandingkan bank lainnya yakni sebesar 4,25% hingga 5,25% pada Agustus 2020 lalu. Namun, perseroan kembali melakukan pembaruan suku bunga per September 2020 menjadi 3,5% untuk simpanan berjangka dalam bentu rupiah.

Saat ini, hanya BRI yang masih menawarkan suku bunga dengan rentang 4% hingga 4,25%. Meskipun demikian, BRI masih mampu menurunkan biaya dana dari 3,64% pada semester I/2019 menjadi 3,54% pada semester I/2020. Penurunan biaya dana telah dilakukan BRI sejak 2015 yang saat itu masih berada pada level 4,24%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni perbankan deposito suku bunga deposito
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top