Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Milenial Borong SR013 di BRI

Kaum milenial mendominasi pembelian Sukuk Ritel Seri SR013 di Bank BRI. Hal ini karena kemudahan akses pembelian SR013 tersebut.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 19 September 2020  |  20:18 WIB
Gambar: Dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Gambar: Dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Bisnis.com, JAKARTA – Generasi milenial mengambil porsi terbesar dalam pembelian Sukuk Ritel Seri SR013 di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau Bank BRI.

Aestika Oryza Gunarto, Sekretaris Perusahaan BRI, mengatakan bahwa perusahaan menargetkan penjualan SR013 sebesar Rp500 Miliar. Hingga 18 September 2020, penjualan SR013 di BRI sudah menyentuh nilai Rp1,098 Triliun.

Dia menjelaskan, pembelian SR013 di BRI didominasi oleh generasi milenial, karena perusahaan membuka akses pembelian secara daring melalui sbn.bri.co.id.

Selain itu, bank dengan aset terbesar di Tanah Air itu juga membuka beragam jalur komunikasi, seperti melalui media sosial, webinar, dan sosialisasi virtual lainnya untuk memberikan edukasi terkait SR013.

“Kemudahan akses pembelian SR013 ini membuat generasi milenial mulai melakukan investasi pada instrumen Surat Berharga Negara. Salah satunya pada produk SR013,” katanya kepada Bisnis, Senin (7/9/2020).

Menurutnya, animo masyarakat untuk membeli SR013 cukup tinggi. BRI memperkirakan permintaan SR013 akan terus meningkat karena memiliki imbal hasil (kupon) yang menarik yakni 6,05%.

“Imbal hasil yang menarik, yakni 6,05% pada saat tren suku bunga acuan Bank Indonesia mengalami penurunan dan juga memiliki risiko yang sangat rendah, karena dijamin oleh negara,” ujarnya.

Seperti diketahui, tingkat imbalan SR013 yang sebesar 6,05% tergolong kompetitif jika dibandingkan dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang berada pada level 4%.

Jika diteliti, bunga acuan selama beberapa periode terakhir terus menurun dan level 4% merupakan salah satu yang terendah.

SR013 mulai ditawarkan ke publik pada 28 Agustus 2020. Masa penawaran sukuk dijadwalkan berakhir pada 23 September 2020, sebelum akhirnya hasil penjualannya ditetapkan pada 28 September 2020 dan dilanjutkan dengan penerbitan pada 30 September 2020.

Selain imbal hasil yang menguntungkan, pembelian SR013 juga menjadi bentuk cinta kepada negara mengingat salah satu tujuan penerbitan sukuk ritel ialah untuk membiayai APBN dan membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Nusantara.

Pembelian SR013 sendiri tergolong sangat mudah, karena dapat dilakukan secara daring (online) dan dapat dibeli mulai dari Rp1 juta. Untuk membeli SR013, nasabah hanya membutuhkan empat langkah cepat.

Nasabah BRI misalnya, dapat melakukan registrasi melalui kantor cabang BRI terdekat, melakukan pemesanan, pembayaran dan konfirmasi transaksi lewat sbn.bri.co.id.

Untuk membangun kesadaran cinta Tanah Air melalui investasi, BRI juga mengkampanyekan tagar #BRInvestasi sukuk ritel seri SR013.

Sekadar informasi, Kementerian Keuangan sebelumnya menyebutkan terdapat delapan keuntungan berinvestasi pada sukuk ritel. Berikut, delapan keuntungan investasi sukuk ritel.

1. Pokok dan Imbalan dijamin oleh negara.

2. Tingkat imbalan kompetitif, lebih tinggi dari rata-rata tingkat bunga deposito Bank Bank BUMN.

3. Tingkat imbalan tetap.

4. Imbalan dibayar tiap bulan.

5. Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik.

6. Cukup dengan Rp 1 Juta Anda sudah bisa berinvestasi di Sukuk Ritel.

7. Mendukung Pembiayaan Pembangunan Nasional.

8. Akses investasi sesuai prinsip syariah.

Masyarakat pun dapat segera mengakses pembelian SR013 melalui kantor cabang BRI terdekat untuk mendapatkan beragam keuntungan yang telah disampaikan pemerintah tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sukuk bank bri
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top