Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Berita Populer Finansial, Jokowi Buka Lowongan Direksi dan Pengawas BPJS Kesehatan dan CIMB Niaga Berusaha Adaptif

Berita Jokowi buka lowongan direksi dan pengawas BPJS Kesehatan untuk 2021 jadi berita terpopuler kanal Finansial hari ini, Kamis (24/9/2020).
Petugas melayani peserta BPJS,  di Kantor BPJS Kesehatan, Proklamasi, Jakarta, Selasa (8/9/2020). Sebanyak lebih dari 40 ribu orang telah memanfaatkan fasilitas kelonggaran tunggakan iuran kepesertaan dan hanya diwajibkan membayar 6 bulan iuran untuk kembali mengaktifkan kepesertaan dari yang sebelumnya diwajibkan membayarkan 24 bulan. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Petugas melayani peserta BPJS, di Kantor BPJS Kesehatan, Proklamasi, Jakarta, Selasa (8/9/2020). Sebanyak lebih dari 40 ribu orang telah memanfaatkan fasilitas kelonggaran tunggakan iuran kepesertaan dan hanya diwajibkan membayar 6 bulan iuran untuk kembali mengaktifkan kepesertaan dari yang sebelumnya diwajibkan membayarkan 24 bulan. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

1. Jokowi Buka Lowongan Direksi dan Pengawas BPJS Kesehatan untuk 2021

Pemerintah segera membuka lowongan kursi dewan direksi dan dewan pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan setelah menetapkan panitia seleksi pimpinan asuransi sosial tersebut.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan panitia seleksi pimpinan BPJS Ketenagakerjaan melalui Keputusan Presiden (Keppres) 97/P 2020 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Dewan Direksi BPJS Kesehatan. Keppres itu ditetapkan pada Senin (21/9/2020).

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Dorong Pemulihan Ekonomi, OJK Perpanjang Relaksasi Restrukturisasi Kredit

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan melanjutkan relaksasi restrukturisasi langsung lancar dan penetapan restrukturisasi hanya satu pilar sebagaimana diatur dalam POJK 11/2020. OJK menilai perpanjangan restrukturisasi merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan perekononomian nasional melalui pemulihan yang solid dan cepat dengan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Untuk mencapai hal tersebut, OJK akan melanjutkan relaksasi restrukturisasi langsung lancar dan penetapan restrukturisasi hanya satu pilar sebagaimana diatur dalam POJK 11/2020 yang seiring dan sinergis dengan kebijakan pemerintah dan Bank Indonesia," demikian dikutip Bisnis dari keterangan tertulis yang disampaikan Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo, Rabu (23/9/2020) malam.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pameran Online FIF Group, Ini Promo Kredit Motor Hingga Laptop dan Sepeda

Pameran Virtual PT Federal International Finance (FIF) bertajuk FIF Group Fest menghadirkan beragam promo untuk berbagai produk pembiayaan.

Direktur Utama FIF Group Margono Tanuwijaya mengungkap FIF Group Fest merupakan salah satu bentuk pameran virtual terbaru dan pertama kalinya dari FIF Group beserta seluruh merek dan rekan bisnis. "Kami siap memberikan kemudahan layanan dan produk bagi pelanggan maupun pengunjung vitur ini," kata Margono dalam sambutannya membuka FIF Group Fest, Rabu (23/9/2020).

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Kredit Melemah, Siapa yang Salah?

Pertumbuhan kredit pada Agustus 2020 tercatat sebesar 1,04% dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Realisasi pertumbuhan kredit tersebut tercatat menurun di tengah pemberian stimulus yang telah disalurkan pemerintah maupun otoritas moneter dan jasa keuangan.

Adapun pemerintah telah mengeluarkan kebijkan fiskal dengan melakukan stimulus oajak dan belanja negara serta investasi. Bank Indonesia juga melakukan pelonggaran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melakukan pengawasan mikroprudensial perbankan dan industri keuangan nonbank (IKNB). Kemudian, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga memperluas fungsi penjaminan simpanan.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Perkuat Digitalisasi Perbankan, CIMB Niaga Berusaha Adaptif

PT Bank CIMB Niaga Tbk. akan fokus pada pemutakhiran layanan perbankan yang menggunakan platform digital mitra melalui Application Programming Interface (API).

Head of Digital Business Development CIMB Niaga Anton Hermawan mengatakan perseroan senantiasa berupaya untuk adaptif dan agile terhadap perubahan ekosistem digital. CIMB Niaga pun terus membuka ruang kolaborasi kepada perusahaan-perusahaan e-commerce, fintech, maupun start-up melalui platform CIMB Niaga API.

Baca berita selengkapnya di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper