Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LPS Klaim Segmentasi Likuiditas Perbankan Sudah Mulai Membaik

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan efek flight to quality simpanan perbankan pada masa awal pandemi cukup signifikan, dan membuat banyak bank kecil kesulitan dalam menjaga kecukupan likuditasnya.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  19:15 WIB
Purbaya Yudhi Sadewa. Istimewa
Purbaya Yudhi Sadewa. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengklaim segmentasi simpanan antara kelompok perbankan sudah mulai membaik sejak akhir kuartal ketiga tahun ini.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan efek flight to quality simpanan perbankan pada masa awal pandemi cukup signifikan, dan membuat banyak bank kecil kesulitan dalam menjaga kecukupan likuditasnya.

"Namun, pada Juli hingga Agustus dan September tahun ini, dana sudah mulai membaik, sehingga dampak negatif di likuiditas bank kecil sudah hilang. Ini tidak lepas dari kebijakan fiskal dan moneter. Kami pun melihat sistem finansial sudah mulai stabil," katanya, Selasa (20/10/2020).

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dana pihak ketiga per Agustus 2020 tumbuh 11,64% secara tahunan, meningkat dari akhir kuartal kedua tahun ini yang tumbuh 7,95% secara tahunan.

Dominasi peningkatan jumlah dana masyarakat di bank umum kegiatan usaha (BUKU) IV memang cukup kuat yakni mencapai mencapai 15% secara tahunan. Apalagi banyak dana yang disimpan oleh pemerintah.

Bank kecil dari kelompok  BUKU I masih mencatatkan pertumbuhan DPK negatif secara tahunan, tetapi sudah mulai positif secara bulanan pada Agustus 2020. Adapun, BUKU II bahkan sudah mulai menunjukkan pertumbuhan dana masih positif pada pertengahan kuartal ketiga tahun ini.

Dia melanjutkan dengan memprediksi tren likuiditas harusnya sudah mulai siap untuk penyaluran kredit. "Kami pun percaya kredit mulai membaik,. Apalagi kita didorong oleh permintaan domestik yang cukup besar pada akhir tahun ini."

Purbaya menambahkan LPS pun masih terus mencari peluang untuk menurunkan suku bunga penjaminan lagi. Hanya saja, dia menegaskan langkah itu, tetap akan mempertimbangkan kestabilan sistem keuangan.

"Yang jelas, dengan kalau suku bunga penjaminan turun, suku bunga deposito turun, maka kredit pun harusnya bisa turun," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbankan lps likuiditas
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top