Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lagi, 10 BPD Diguyur Dana PEN. Totalnya Rp2,25 Triliun

Sebelumnya, pemerintah telah menempatkan dana dalam rangka program PEN ke 7 BPD pada tahap I sebanyak Rp11,20 triliun dan 4 BPD pada tahap II sebanyak Rp2,80 triliun.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 08 Desember 2020  |  11:03 WIB
Karyawan merapikan uang di cash center Bank BNI, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawan merapikan uang di cash center Bank BNI, Jakarta, Selasa (11/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah merealisasikan penempatan dana dalam rangka program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) kepada 10 Bank Pembangunan Daerah (BPD) senilai total Rp2,25 triliun.

Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Andin Hadiyanto menyampaikan sehubungan dengan penempatan dana dalam rangka pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah kembali melanjutkan penempatan kepada 10 BPD.

Kesepuluh BPD tersebut yakni Bank Aceh Syariah senilai Rp300 miliar, Bank Nagari senilai Rp250 miliar, Bank SumselBabel senilai Rp400 miliar.

Selanjutnya, Bank Bengkulu senilai Rp200 miliar, Bank Kalteng senilai Rp200 miliar, Bank Sulteng senilai Rp200 miliar. Berikutnya, Bank Sultra senilai Rp200 miliar, Bank NTB Syariah senilai Rp200 miliar, Bank NTT senilai Rp100 miliar, Bank MalukuMalut senilai Rp200 miliar.

Periode penempatan dana di bank selama 6 bulan dengan bunga 2,84 persen. Dengan demikian, total penempatan dana adalah sebesar Rp2,25 triliun, sehingga outstanding keseluruhan penempatan dana pemerintah dalam rangka program PEN sebesar Rp66,75 triliun.

"Penempatan dana ke BPD tersebut digunakan untuk ekspansi kredit yang menggerakkan sektor riil dalam rangka pemulihan ekonomi nasional di daerah," terangnya, Selasa (8/12/2020).

Adapun Bank Kalsel yang telah mengajukan penempatan dana PEN sebesar Rp500 miliar, saat ini masih dalam proses review dan koordinasi dengan OJK.

Sebelumnya, pemerintah telah menempatkan dana dalam rangka program PEN ke 7 BPD pada tahap I sebanyak Rp11,20 triliun dan 4 BPD pada tahap II sebanyak Rp2,80 triliun.

Pada tahap I, penempatan dana PEN di 7 BPD yakni Bank BJB,Bank DKI, Bank Jateng, Bank BPD DIY, Bank Jatim, Bank BPD Bali, dan Bank Sulutgo. Adapun pada tahap II, penempatan dana PEN di 4 BPD yakni Bank Sulselbar, Bank Kalbar, Bank SUmut, dan Bank Jambi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit bpd penyaluran kredit uang negara Pemulihan Ekonomi Nasional
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top