Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Porsi Penyaluran Kredit UMKM BCA Capai 13,6 Persen dari Total

Pertumbuhan kredit UMKM BCA disebutkan masih cukup baik sepanjang tahun lalu, yakni 15 persen.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  15:33 WIB
Nasabah berbicara dengan karyawan melalui Video Banking di salah satu Kantor Cabang Bank BCA di Jakarta, Rabu (23/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Nasabah berbicara dengan karyawan melalui Video Banking di salah satu Kantor Cabang Bank BCA di Jakarta, Rabu (23/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Central Asia Tbk. mengklaim rasio kredit usaha mikro kecil menengah (UMKM) telah mencapai 13,6 persen dari total kredit.

Executive Vice President Divisi Sekretariat dan Komunikasi Perusahaan BCA Hera F. Haryn menyampaikan pertumbuhan kredit UMKM masih cukup baik sepanjang tahun lalu, yakni 15 persen dan telah mampu membuat pangsa pasar menjadi 7,5 persen.

Meski demikian, tekanan pandemi masih tetap menjadi hal yang BCA perhatikan dalam strateginya mendukung UMKM.

"Market share 7,5 persen dan kredit UMKM 13,6 persen dari total kredit. Kami tetap komitmen mendukung UMKM," sebutnya, dalam webinar BCA, Senin (11/1/2020).

Dia menyampaikan tahun ini perseroan akan tetap fokus dengan strategi pengembangan UMKM bersama mitra market place, khusunya dengan Blibli. Tak sekadar pembiayaan perseroan fokus dengan penguatan fundamental kinerja debitur UMKM.

Di luar itu, Hera menaympaikan perseroan juga akan meningkatkan sentra UMKM, yang mempercepat proses kredit. "Saat ini kami sudah ada 9 sentra UMKM dan ini akan kami coba tambah lagi ke depannya," sebutnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja ikut menyuarakan penggunaan produk buatan lokal demi pertumbuhan ekonomi yang lebih sehat.

Dia menyampaikan program pemerintah yakni gerakan nasional banggakan buatan Indonesia merupakan bagian dari langkah pemulihan ekonomi yang lebih sehat. Pasalnya, pelaku usaha UMKM terdiri dari banyak pelaku usaha.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), lebih dari 64 juta unit UMKM yang berkontribusi 97 persen terhadap total tenaga kerja dan 60 persen bagi PDB nasional.

"Senang sekali rasanya dapat turut mendukung UMKM di Indonesia dalam program pemerintah yakni Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di mana kami menyadari bahwa UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian bangsa kita," katanya dalam webinar Bank Indonesia KPw Bali, Senin (11/1/2021).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bca umkm kemenkop kredit umkm
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top