Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jamkrindo Syariah Beri Jaminan Pembiayaan UMKM Alkes di Masa Pandemi

dengan menyediakan produk penjaminan non cash loan yaitu berupa penjaminan Kontra Bank Garansi (KBG) dan Surety Bond bagi pelaku UMKM di bidang Alkes.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 07 Februari 2021  |  08:46 WIB
Logo Jamkrindo Syariah - jamkrindosyariah.co.id
Logo Jamkrindo Syariah - jamkrindosyariah.co.id

Bisnis.com  JAKARTA -- Untuk mendukung kebutuhan penanggulangan pandemi Covid-19, dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk saling bahu-membahu.

PT Jamkrindo Syariah menjadi salah satu pihak yang terus berkomitmen membantu menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19, salah satunya dengan memberikan penjaminan pembiayaan modal kerja bagi para pelaku UMKM penyedia kebutuhan alat kesehatan (Alkes).

Gatot Suprabowo, Direktur Utama JamSyar mengatakan bahwa bentuk dukungan tersebut telah dilakukan sejak 2020 dengan menyediakan produk penjaminan non cash loan yaitu berupa penjaminan Kontra Bank Garansi (KBG) dan Surety Bond bagi pelaku UMKM di bidang Alkes.

"Kami berharap pada 2021 ini dapat memperbesar volume penjaminan pembiayaan Modal Kerja kepada pelaku UMK penyedia kebutuhan Alkes sehingga guna mendukung kebutuhan penanganan penanggulangan Covid-19," ujarnya, dalam keterangan yang diterima Bisnis, Minggu (7/2/2021).

Selain itu, JamSyar juga terus mendongkrak pertumbuhan  UMKM melalui penjaminan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pada tahun 2020, total  nasabah KUR yang dijamin oleh JamSyar adalah sebanyak 39.127 terjamin atau tumbuh sebesar
86% dibandingkan tahun 2019.

Total volume penjaminan KUR tahun 2020 yang didapatkan adalah sebanyak Rp 2,25 Triliun atau tumbuh sebesar 180,37% dari tahun 2019.

Dalam penjaminan KUR, JamSyar juga turut andil dalam menjamin KUR Super Mikro. KUR Super Mikro adalah merupakan KUR yang utamanya ditujukan kepada pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau Ibu Rumah Tangga (IRT) yang menjalankan usaha produktif.

Plafond maksimal KUR Super Mikro adalah sebesar Rp 10 juta.

"Dalam mendukung kegiatan penjaminan baik pembiayaan Modal Kerja PEN maupun KUR, kami menyediakan kemudahan bagi Bank penyalur dalam proses penjaminan melaluipenjaminan secara Host to Host maupun Web Application yang dapat diakses secara mudah, dengan tetap menyesuaikan kepada kesiapan dari Bank penyalur," terangnya.

Dalam rangka mendukung ekspansi JamSyar tahun 2021 Pemegang Saham JamSyar juga terus memberikan kepercayaan dengan bentuk Komitmen untuk memberikan tambahan modal sebesar Rp 400 Miliar sehingga kapasitas JamSyar untuk memberikan pelayanan meningkat secara signifkan.

Atas kinerja yang berhasil diraih tersebut, selama periode tahun 2020 JamSyar berhasil meraih banyak Award dalam berbagai bidang yang terdiri dari; Human Capital, Finance, Financing Guarantee, Community Development, IT, dan Operation.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm jamkrindo Covid-19
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top