Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Amitra Incar Pembiayaan Kurban dan Akikah

Untuk pembiayaan haji, Amitra berinovasi lewat kerja sama, salah satunya menggandeng PT Fahrul Ihksan Wisata bagian dari ESQ Group.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 09 Februari 2021  |  02:09 WIB
Multifinance - Istimewa
Multifinance - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Pandemi Covid-19 masih menghantui penyelenggaraan umrah dan haji. Perusahaan pembiayaan (multifinance) syariah pun mulai putar otak menghadapi fenomena ini.

PT Sharia Multifinance Astra atau Amitra, yang sebelumnya dikenal sebagai unit usaha syariah (UUS) PT Federal International Finance (FIFGroup) sekaligus anak usaha PT Astra International Tbk., mengungkap bahwa inovasi menjadi kunci.

Direktur PT Sharia Multifinance Astra Yulian Warman mengakui hal ini dikarenakan kondisi pandemi belum memungkinkan Amitra menggantungkan diri pada pembiayaan ke produk umrah.

Padahal, sebelumnya pembiayaan bulanan periode 2019 hingga Maret 2020 yang notabene belum terdampak pandemi, bisa menyentuh Rp20 miliar sampai Rp80 miliar, dengan persentase untuk umrah hingga 60 persen per bulannya.

"Maret itu sebenarnya masih oke, tapi karena kondisi pandemi seperti ini, jadi kita berkreasi. Menghadapi 2021 ini kita fokus ke pembiayaan porsi haji dan haji plus. Selain itu, ada pembiayaan kurban dan akikah, yang walaupun masih baru, kita lihat potensinya besar," ujarnya kepada Bisnis, Senin (8/2/2021).

Untuk pembiayaan haji, Amitra berinovasi lewat kerja sama, salah satunya menggandeng PT Fahrul Ihksan Wisata bagian dari ESQ Group, terkait dengan pemorsian haji melalui pembiayaan syariah dengan akad syariah sebagai solusi mendapat kepastian skedul tahun keberangkatan.

Dengan kerja sama ini, pembiayaan Amitra bukan sekadar biaya haji, tetapi mencakup pembekalan manasik haji yang lebih intens, pemaknaan haji yang lebih mendalam, serta biaya-biaya pembekalan spiritual dan motivasi yang diberikan kepada para calon jamaah.

Adapun, jenama Amitra dari Sharia Multifinance Astra maupun Amitra UUS FIFGroup, total telah bekerja sama dengan 16 perbankan syariah dan bekerja sama dengan 337 mitra travel biro umrah resmi yang terbukti mempunyai kualitas pelayanan tinggi.

Untuk pembiayaan untuk kurban dan akikah, Yulian menjelaskan bahwa walaupun nilainya masih kecil, tapi selalu meningkat sejak produk meluncur. Harapannya, periode Iduladha 2021 menjadi salah satu momentum yang bisa diakomodasi Amitra.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

syariah perusahaan pembiayaan
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top