Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tak Mau Bersaing, CIMB Niaga Justru Berkolaborasi dengan Start-Up

Head of Commercial Banking CIMB Niaga, Widodo Suryadi optimistis bahwa industri start-up akan memiliki peran yang signifikan dalam mendukung ekonomi Indonesia, khususnya dalam kondisi yang menantang saat ini.
OCTO Mobile/dokumen CIMB Niaga
OCTO Mobile/dokumen CIMB Niaga

Bisnis.com, Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk, selain memberikan pinjaman untuk perusahaan rintisan (start-up), akan berkolaborasi dalam mengintegrasikan platform yang dimiliki start-up dengan sistem bank melalui Application Programming Interface (API).

API memungkinkan bank dan start-up untuk membuka data dan informasi keuangan yang terkait dengan transaksi pembayaran dari nasabahnya secara resiprokal (prinsip kesetaraan). Artinya, ada tiga pihak yang akan terlibat implementasi API ini yakni nasabah sebagai pemilik data, bank, serta start-up. 

Kolaborasi bank dan start-up tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang lebih besar untuk masyarakat, salah satunya meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Misalnya melalui fitur virtual account yang sangat berguna dalam fungsi konsolidasi keuangan tanpa harus membuka akun fisik perbankan yang banyak.

Head of Commercial Banking CIMB Niaga, Widodo Suryadi optimistis bahwa industri start-up akan memiliki peran yang signifikan dalam mendukung ekonomi Indonesia, khususnya dalam kondisi yang menantang saat ini. Oleh karena itu, penyediaan pembiayaan maupun fitur operasional perbankan dapat mendukung dan membantu start-up bertahan menghadapi tantangan pandemi dan terus berkembang

“Di era revolusi industri 4.0, start-up digital seperti fintech tidak lagi bisa dipandang sebagai kompetitor, melainkan sebagai valuable partner yang siap meningkatkan nilai bisnis. Kami meyakini integrasi tersebut dapat menghasilkan beragam inovasi baru untuk semakin mempermudah masyarakat sekaligus memberikan customer experience yang optimal,” ujar Widodo di Jakarta, Senin (15/2/2021).

Sejalan dengan upaya tersebut, CIMB Niaga juga terus mengembangkan inovasi layanan digital untuk memfasilitasi beragam kebutuhan finansial nasabah secara sehat dan aman.

Bagi nasabah ritel, CIMB Niaga mengoptimalkan penggunaan aplikasi digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks. Adapun bagi nasabah korporasi dan UKM, dapat memanfaatkan layanan internet banking BizChannel@CIMB dan mobile banking BizChannel@CIMB Mobile yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor cabang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper