Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tidak Semua Bank Bisa Kasih DP 0 Persen Kredit Kendaraan, Simak Syaratnya

BI baru saja secara resmi mengumumkan pemberlakuan uang muka kredit kendaraan bermotor sebesar 0% untuk semua jenis kendaraan. Kebijakan ini berlaku efektif mulai 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 18 Februari 2021  |  15:31 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia menjelaskan bahwa tidak semua bank mampu memberikan penawaran down payment atau uang muka sebesar 0% untuk kredit kendaraan.

Adapun, BI baru saja secara resmi mengumumkan pemberlakuan uang muka kredit kendaraan bermotor sebesar 0% untuk semua jenis kendaraan. Kebijakan ini berlaku efektif mulai 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021.

BI juga melonggarkan rasio loan to value (LTV)/financing to value (FTV) untuk kredit dan pembiayaan properti menjadi jadi 100%. Relaksasi ini berlaku untuk semua jenis properti mulai dari rumah tapak, rumah susun, rumah toko (ruko) dan rumah kantor (rukan). Pelonggaran ini pun berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai 31 Desember 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan mitigasi risiko akan tetap berjalan meski otoritas moneter memberikan relaksai kepada perbankan.

"Hanya bank yang memenuhi kriteria NPL/NPF NPF tertentu yang mmapu menyalurkan kredit dengan insentif baru tersebut," katanya dalam konferensi pers rapat dewan gubernur (RDG) BI, Kamis (18/2/2021).

Perry menekankan relaksasi tersebut berlaku bagi bank yang mencatakan posisi rasio NPL atau NPF di bawah 5%.

Untuk bank yang memiliki BPL atau NPF di atas 5%, akan tetap dapat pelonggaran. Namun, hanya di kisaran LTV 90% hingga 95%.

"Kecuali, untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun pertama. Kalau pertama untuk tipe 21 semua sama, yakni 100%," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perbankan kredit kendaraan
Editor : Ropesta Sitorus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top