Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IMF Beri Nilai Positif untuk Sinergi Kebijakan Indonesia Tangani Pandemi, BI Angkat Bicara

BI mengapresiasi hasil asesmen tersebut. Apresiasi dan catatan positif diberikan terhadap sejumlah kebijakan di bidang makorekonomi.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  15:58 WIB
Logo The International Monetary Fund (IMF). - Reuters
Logo The International Monetary Fund (IMF). - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – International Monetary Fund (IMF) menilai positif sinergi kebijakan pengendalian pandemi Covid-19 di Indonesia, baik di sektor kesehatan dan ekonomi.

Menurut IMF, Indonesia memiliki kebijakan yang bersinergi antara sektor kesehatan, stimulus fiskal, moneter akomodatif, pelonggaran kebijakan makro dan mikroprudensial, serta kebijakan burden sharing Bank Indonesia (BI) dengan Pemerintah.

“Secara umum Dewan Direktur IMF memandang bauran kebijakan ditempuh secara kuat dan cepat oleh otoritas Indonesia sehingga dapat menopang pemulihan ekonomi,” ungkap Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono, Rabu (3/3/2021).

Penilaian positif terhadap perekonomian Indonesia tertuang dalam laporan Article IV Consultation yang baru dirilis hari ini.

Dia menegaskan BI mengapresiasi hasil asesmen tersebut. Apresiasi dan catatan positif diberikan terhadap sejumlah kebijakan di bidang makorekonomi.

Pertama, komitmen otoritas dalam mengembalikan batas atas defisit fiskal sebesar 3 persen pada 2023 secara gradual.

Kedua, penerapan kebijakan moneter akomodatif dengan tetap memperhatikan tingkat inflasi, melalui kebijakan suku bunga rendah dan pembelian Surat Berharga Negara (SBN) oleh BI dalam kondisi luar biasa seperti saat ini.

Ketiga, kelanjutan upaya reformasi struktural dengan penerapan omnibus law dan pengembangan infrastruktur untuk mendukung pemulihan ekonomi.

IMF menilai Indonesia telah menangani pandemi dengan respons sinergi kebijakan yang bold, komprehensif, dan terkoordinasi. “Ketahanan ekonomi Indonesia yang terjaga dinilai sebagai cerminan kebijakan makroekonomi yang baik sejak sebelum pandemi,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia imf
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top