Peduli UKM, CIMB Niaga Gelar “Kejar Mimpi Berani Bisnis Fest”

CIMB Niaga melalui program Kejar Mimpi menggelar “Kejar Mimpi Berani Bisnis Fest” mempertemukan pelaku UKM untuk bertukar pikiran dengan para pakar maupun pelaku UKM lain yang telah sukses menjalankan bisnisnya.
Foto: Dok. CIMB Niaga
Foto: Dok. CIMB Niaga

Bisnis.com, JAKARTA– Peranan usaha kecil menengah (UKM) dalam mendukung perekonomian nasional sangat signifikan. Celakanya, pandemi Covid-19 memporak-porandakan sektor perekonomian yang berdampak ke banyak sektor termasuk UKM.

Dibutuhkan strategi yang mumpuni untuk tetap bertahan di era pandemi saat ini. Merespon kondisi tersebut, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) membantu para pelaku UKM di tanah air agar dapat bertahan dan berkembang di tengah kondisi yang menantang saat ini.

CIMB Niaga melalui program Kejar Mimpi menggelar “Kejar Mimpi Berani Bisnis Fest” yang menjadi ruang bagi para pelaku UKM untuk bertukar pikiran dengan para pakar maupun pelaku UKM lain yang telah sukses menjalankan bisnisnya.

Digelar secara online pada Jumat-Sabtu, (26-27/2/2020) lalu, acara tersebut mengusung tema Indonesia Bangkit. Acara ini digelar dalam rangka menyegarkan kembali wawasan para pebisnis UKM tentang beragam aspek bisnis, termasuk strategi dan peluang usaha selama maupun setelah pandemi.

Berbagai pihak ikut dilibatkan dalam acara ini, baik pemerintah, komunitas, maupun swasta untuk memberikan solusi nyata melalui program edukasi agar UKM di Indonesia terus maju dan mengembangkan bisnisnya.

“Dalam situasi saat ini kolaborasi menjadi semakin penting untuk saling mengisi, berbagi pengetahuan, dan meningkatkan keunggulan kompetitif masing-masing usaha agar dapat bersama- sama berjuang melawan pandemi. Kami di CIMB Niaga siap menjadi mitra bagi para pebisnis UKM dalam melewati masa-masa sulit ini,” kata Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga, Tony Tardjo, yang juga menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut, Jumat (26/2/2021). 

Acara digelar dalam format conference dan talk yang menghadirkan pembicara-pembicara inspiratif dan berpengalaman. Di antaranya, Staf Ahli Bidang Inovasi & Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Josua Puji Mulia Simanjuntak tentang “Potensi UKM di sektor ekonomi kreatif”, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pemberdayaan Ekonomi Fiki Satari mengenai “Kunci Indonesia Bangkit dengan UKM Berkelanjutan”, dan Head of Sharia Consumer CIMB Niaga Bung Aldilla yang akan menyampaikan tema “UKM: Gerbang Ekonomi untuk Indonesia Maju”. 

Hadir pula Ketua Umum OK OCE Indonesia Iim Rusyamsi juga memaparkan pentingnya kolaborasi serta pemberdayaan UKM yang berkelanjutan melalui komunitas.  Sementara Founder dan CEO DailySocial.id Rama Mamuaya menyampaikan materi tentang peluang bisnis setelah pandemi. 

Para pebisnis UKM yang telah sukses juga hadir berbagi pengalaman, seperti Founder Kebab Turki Baba, Rafi Hendy Setiono, yang menggugah semangat peserta tentang keberanian membangun bisnis sejak muda.

Adapun untuk membekali skill para pebisnis UKM, acara juga menghadirkan para pakar seperti CEO Foodizz, Rex Marindo dan Founder Ageless Galaxy, Tamish Aswani. Keduanya memberikan pengetahuan kesiapan UKM untuk bersaing lewat branding. 

Salah satu hal terpenting dalam bisnis UKM, menurut Tony, yaitu kemampuan membangun strategi finansial. Karenanya, pihaknya  turut mengundang pakar finansial  dari Principal Consultant & CEO ZAP Finance, Prita Ghozie, untuk memperkuat srategi finansial para pebisnis UKM.  

Tak kalah menarik, para figur publik juga turut hadir membagikan pengalaman  di antaranya  Co-Founder & CEO Cumi.id, Christian Sugiono yang mengulas tentang pentingnya membuat bisnis yang berdampak lewat inovasi dan teknologi. Hadir pula Brand Ambassador CIMB Niaga, Sandra Dewi, yang membahas peran perempuan di dunia bisnis. 

Tony berharap acara ini dapat menjadi permulaan baik untuk semakin mendorong para pelaku bisnis UKM dalam meningkatkan bisnisnya ke depan.

“Sebagai Bank, tentu kami juga berharap dapat menjadi pilihan dari para pelaku bisnis sehingga dapat tumbuh bersama-sama menyongsong era kebangkitan pasca pandemi,” pungkas Tony.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper