Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akselerasi Nilai AKHLAK, IFG Lantik 100 Karyawan sebagai Agen Perubahan

Direktur Utama IFG Robertus Billitea menjelaskan IFG selaku holding penjaminan, perasuransian, dan investasi turut berperan sebagai koordinator implementasi dan internalisasi tata nilai AKHLAK.
Logo Indonesia Financial Group (IFG)
Logo Indonesia Financial Group (IFG)

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero), yang dikenal juga sebagai Indonesia Financial Group (IFG), melantik 100 orang agen perubahan yang berasal dari setiap anak perusahaan. Agen terpilih itu merupakan karyawan yang menerapkan nilai AKHLAK.

Direktur Utama IFG Robertus Billitea menjelaskan IFG selaku holding penjaminan, perasuransian, dan investasi turut berperan sebagai koordinator implementasi dan internalisasi tata nilai AKHLAK yang ditetapkan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Juli 2020.

Tata nilai AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif, yakni pedoman perilaku dan kode etik bagi insan BUMN dan termasuk di lingkungan IFG yang beranggotakan sembilan perusahaan. Nilai itu ditetapkan agar pekerja memiliki daya saing kuat dalam menghadapi dinamika perkembangan industri.

”Pada 2021, IFG sebagai koordinator implementasi dan internalisasi nilai utama AKHLAK telah melakukan survei maturity level yang dibantu oleh konsultan pendamping untuk melihat tingkat pemahaman setiap karyawan terkait bagaimana nilai AKHLAK hidup dalam keseharian pekerjaan kita,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (19/3/2021).

Survei tersebut menghasilkan simpulan bahwa perlu adanya tokoh penggerak dan langkah akselerasi agar tata nilai AKHLAK dapat diselaraskan ke dalam kesisteman korporasi. IFG pun melakukan seleksi untuk mencari para tokoh penggerak yang dimaksud di masing-masing anggota IFG.

Dari hasil seleksi kemudian terpilih 100 karyawan yang masuk dalam kriteria “most influential person” yang diharapkan mampu menggerakkan karyawan lainnya untuk menunjukkan perilaku AKHLAK dalam kesehariannya.

”Hari ini, IFG melantik 100 agen perubahan sebagai perwakilan karyawan dari 10 perusahaan di IFG holding dan anggota holding perasuransian dan penjaminan. Di tangan mereka kita percaya bahwa proses akselerasi implementasi budaya dapat terjadi," ujar Robertus.

Menurutnya, angka 100 memang bukan angka yang ideal karena populasi karyawan holding IFG kurang lebih mencapai 5.400 orang. Namun, 100 karyawan yang telah direkrut dengan kapabilitasnya diharapkan menjadi 100 most influential person yang menggerakkan karyawan lain untuk menunjukkan perilaku AKHLAK dalam kesehariannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper